Wednesday 26 October 2011

Masih Penasaran sama Teknik Ngitung Jarimatika

Tadi sore saya melihat di salah satu stasiun televisi di Indonesia yang menayangkan tantang "jarimatika", tapi sayang pada tayangan tersebut tidak menampilkan bagaimana cara berhitungnya. Karena saya penasaran dengan cara berhitungnya, si anak (yang di wawancarai dan diberi beberapa pertanyaan) super duper cepat menjawab pertanyaan tersebut, saya pun langsung mencarinya, tapi kebanyakkan dari web/blog yang memosting tentang materi tersebut, mereka tidak serta merta memberikan ilmunya agar dapat dipelajari oleh banyak orang, malahan mereka menawarkan bimbel gitu deh. heuhhhhh
Tapi saya tidak putus asa, setelah searching-searching akhirnya saya menemukan salah satu web/blog yang menshare bagaimana caranya. Cekidotttt !


Rahasia Otak Super/Cara Cepat Menghitung



Teknik Jarimatika

1)Penjumlahan dan Pengurangan
 Tangan Kanan sebagai satuan dan tangan kiri sebagai puluhan.
 
 Tangan Kanan:
 - Telunjuk dibuka = 1
 - (Telunjuk + Jari Tengah) dibuka = 2
 - (Telunjuk + Jari Tengah + Jari manis) dibuka = 3
 - (Telunjuk + Jari Tengah + Jari manis + Kelingking) dibuka = 4
 - (Telunjuk + Jari Tengah + Jari manis + Kelingking) ditutup + Jempol dibuka = 5
 - (Jempol + Telunjuk) dibuka = 6
 - (Jempol + Telunjuk + Jari Tengah) dibuka = 7
 - (Jempol + Telunjuk + Jari Tengah + Jari Manis) dibuka = 8
 - (Jempol + Telunjuk + Jari Tengah + Jari Manis + Kelingking) dibuka = 9
 Tangan Kiri:
 - Telunjuk dibuka = 10
 - (Telunjuk + Jari Tengah) dibuka = 20
 - (Telunjuk + Jari Tengah + Jari manis) dibuka = 30
 - (Telunjuk + Jari Tengah + Jari manis + Kelingking) dibuka = 40
 - (Telunjuk + Jari Tengah + Jari manis + Kelingking) ditutup + Jempol dibuka = 50
 - (Jempol + Telunjuk) dibuka = 60
 - (Jempol + Telunjuk + Jari Tengah) dibuka = 70
 - (Jempol + Telunjuk + Jari Tengah + Jari Manis) dibuka = 80
 - (Jempol + Telunjuk + Jari Tengah + Jari Manis + Kelingking) dibuka = 90
2)Perkalian dan Pembagian

Sunday 23 October 2011

Menggambar Rumah dengan program Strawberry Prolog

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Whaddup kawan blogger, pada postingan kali ini saya mau sharing source code program C hasil dari praktikum Pengantar Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)  di Kampus nih.

Software: Strawberry Prolog
Bidang   : Artificial Intelligence

Listing Program


?-
  brush(system_color(window)),
  window(_,_,win_func(_),"rumah andi",200,200,300,300).

win_func(paint):-
  pen(5,rgb(0,0,0)),
% membuat bagian rumah
  line(75,25,25,100),
  line(75,25,125,100),
  line(75,25,200,25),
  line(200,25,250,100),
  line(25,100,250,100),
  line(25,100,25,200),
  line(125,100,125,200),
  line(250,100,250,200),
  line(25,200,250,200),

Friday 21 October 2011

Hasil Tes Kepribadian


Ini hasil tes saya di http://www.ipersonic.net/id



Pelaku Peka


Tipe Pelaku Peka adalah orang-orang yang lembut, rendah hati, dan pendiam. Mereka menangani kehidupan sehari-hari dengan baik dan menyukai keleluasaan pribadi mereka. Dengan sifat optimis dan tidak banyak bicara, mereka juga adalah pendengar yang baik yang sering dicari orang dan orang lain merasa nyaman ditemani mereka. Singkatnya, tipe ini adalah yang paling mudah disukai dan paling ramah di antara semua tipe kepribadian. Toleransi dan sikap hormat kepada orang lain membuat kepribadian mereka menonjol. Mereka sangat penuh kasih sayang, murah hati, dan selalu bersedia membantu. Mereka terbuka dan tertarik pada segala hal baru atau yang tidak diketahui oleh mereka. Namun demikian, jika sistem nilai dalam diri atau perasaan keadilan mereka dilukai, tipe Pelaku Peka dapat sekonyong-konyong dan secara mengejutkan menjadi keras dan tegas. 

Wednesday 19 October 2011

Bagaimana sih konversi gambar bitmap ke vektor? dan sebaliknya!

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Postingan ini masih tentang tugas kuliah saya, yaitu mata kuliah “Desain Pemodelan Grafik”. Jujur saja, softskill pada semester ini lebih menantang jika dibandingkan dengan softskill yang saya dapat sedari semester 1. Pasalnya Pak Dosennya sudah mewanti-wanti mahasiswanya, “Jika ketahuan postingannya hasil copy-paste, maka nilainya nol!”. Namun, karena ini lah saya bisa sedikit lebih mengeksplorasi bahasa di blog saya ini. *wew, jadi curcol begini.hehe

Pada postingan sebelumnya sudah saya paparkan “Apa sih Desain Pemodelan Grafik itu? dan Apa gambar vektor dan bitmap itu?”. Tugas kedua yang diberikan oleh dosen softskill, mahasiswa “bagaimana cara kerja computer (software) untuk mengkonversi gambar vektor ke bitmap? Dan sebaliknya!”

Ketika mendapat tugas ini, kebetulan modem saya lagi mati. (*sepertinya keadaan tidak bersahabat sekali dengan saya) dan saya pun mencoba ngulik sendiri menggunakan software GIMP untuk menemukan tatacara mengkonversi gambar bitmap ke vector dan gambar vector ke bitmap. Dan akhirnya saya pun tidak berhasil tanpa tutorialnya. Namun saya belum patah semangat, saya pun mencobanya dengan menggunakan software Macromedia Flash (*software yang selalu ada di PC ataupun laptop saya, maklum saja saya sudah terbiasa membuat segala sesuatu yang berbau grafis dengan software ini), dan saya pun berhasil mengubah gambar bitmap menjadi gambar vector, begitu pun sebaliknya. *walaupun caranya terkesan manual banget, namun ini lah cara yang saya dapatkan secara otodidak untuk mengkonversi keduanya

Konversi menggunakan software Macromedia Flash
Konversi gambar bitmap ke vector:
  1. Buka program aplikasi Macromedia Flash atau Adobe Flash
  2. Klik pada layer 1 (layer itu yang ada di bagian atas lembar kerja)
  3. Klik File, lalu pilih Import (ctrl+R), dan pilih gambar bitmap yang akan dikonversi

Apa sih Desain Pemodelan Grafik itu? dan Apa gambar vektor dan bitmap itu?

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Wah, bagaimana ya kabarnya si blog saya ini yaa?
Setelah sekian lama tak ada tanda-tanda kehidupan di blog saya ini, akhirnya kini mencoba menulis ‘sesuatu’ lagi agar blog ini tetap bernafas. :)

Jadi begini ceritanya sodara-sodara sekalian:
Setelah dua pertemuan dosen sofskill saya berhalangan hadir di kelas, akhirnya pada pertemuan minggu ketiga (kamis, 06 oktober 2011) dosen softskill (Desain Pemodelan Grafik) saya masuk kelas juga. Saya pun masuk kelas agak telat dikarenakan factor X a.k.a jalanan di Citayam sekarang bukan main macetnya, apalagi di perlintasan keretanya. Setelah kuliah hari itu selesai, dosen menitipkan tugas kepada mahasiswanya untuk menjelaskan tentang “Pengertian Desain Pemodelan Grafik beserta teknologi gambar vector dan bitmap”. Syarat dan ketentuan berlaku! (kalo ketahuan lebih dari 50% kata-katanya hasil copy-paste, maka nilai akan di nol kan, horror betul kan tuh)  Inilah tugas softskill pertama saya di semester ini.

Ketika mendengar kata Desain Pemodelan Grafik, di benak saya langsung terpikir “pasti nanti belajar tentang gambar”. (*sok tahu banget sih.hehe)

Menurut pendapat saya:
Harry Potter - Golden Snitch Angry Birds -  Red Bird