Monday 21 November 2011

Belajar Ngaji 'Lagi'

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Biar eksis blognya, harus sering-sering posting katanya mah. Entah postingan itu bermanfaat atau ngga, tapi insyaAllah ini bermanfaat ko.

Jangan dibuka ! nyesel deh nanti, cuma buang-buang waktu aja buka file ga jelas gini. Tapi kalo mau denger suara sember saya yang lagi ngaji ya ini nih. Jangan dihina ya! Saya juga bisanya masih sebatas bisa mengeja huruf abatasa.. :D

andi syuryadinata -  Al Waqiah


andi syuryadinata - Al Infitar


andi syuryadinata - Al Mumtahanah


andi syuryadinata - An Nuur (ayat 1-26)


Sebelum dibuka, saya kasih peringatan nih: ini ituh isinya cuma rekaman ga jelas (saya lagi ngaji pas iseng2 aja eh ga tau kenapa kerekam) gitu. Butuh banyak banyak banyak masukkan buat belajar. hehe :D
Suaranya sember karena keterbatasan media perekamannya, yaitu seonggok hape jadul saya si 7610. *alesan dikit ah, padahal mah emang fals suaranya..hhe

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Membuat Bangun Datar Dengan OpenGL (Dev-C++)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya lagi demen-demennya nih sama openGL (*maklum baru ngerti dikit-dikit. hehe), jadi postingan ini masih terkait sama openGL pada Dev-C++. Kali ini saya akan berbagi coding untuk "Membuat Bangun Datar Dengan OpenGL (Dev-C++)", barangkali kawan-kawan lebih mahir dari saya, jadi harap maklum aja ya kalo codingannya terkesan berantakan. hehe

cekidot :)

Coding "Membuat Bangun Datar Dengan OpenGL (Dev-C++)"
========================================================================
#include <GL/glut.h>
#include <stdlib.h>
#define drawOneLine(x1,y1,x2,y2)  glBegin(GL_LINES);  \
   glVertex2f ((x1),(y1)); glVertex2f ((x2),(y2)); glEnd();

void buat(void)
{
   glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
   glBegin (GL_LINES);
   /*garis pembatas*/
       glColor3f (1.0, 1.0, 1.0); /*putih*/
       drawOneLine (0.0, 250.0, 500.0, 250.0);
       drawOneLine (250.0, 0.0, 250.0, 500.0);

   /*membuat persegi*/

Sunday 20 November 2011

setting openGL di Dev-C++

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

kali ini saya mau mencoba menjelaskan bagaimana cara setting openGL pada program Dev-C++
cekidot ceman-ceman :)
  • pastikan anda sudah menyiapkan komputernya. hhe
  • oke.. kita mulai dengan membaca Basmallah (Bismillahirrahmaanirrahiim)
  • pertamax-tamax install Dev-C++
  • kalo udah di install, lanjut install packagenya, bisa di download disini nih packagenya [klik deh]
  • nah, udah di download kan? kalo udah download, lanjut ke langkah berikutnya
  1. buka Dev-c++ nya
  2. klik Tools atau Alt+T
  3. pilih Package Manager
  4. pas pilih package kan muncul window baru tuh, klik menu bar yang tulisannya Install yg di pojok kiri atas, itu untuk membuka packagenya atau Ctrl+O
  5. nah muncul window buat open filenya kan tuh? pilih deh tuh package yang tadi udah di download, klik Open
  6. tinggal klik install, terus klik Finish deh
  • selesai install packagenya, lanjut ke langkah berikutnya

Membuat Bangun Ruang Dengan openGL (Dev-C++)

Mata Kuliah : Grafik Komputer


Dosen : Adang Suhendra
Dosen Pengganti : Agam Adityas


Kelas : 3IA13


Kelompok 4
Anggota Kelompok:
1. Andi Syuryadinata (55409629)
2. Chrisvano Sandi Yudha (50409093) 
3. Hamdallah Perdana Putra (50409545)
4. Lutfi Prayudi (51409697)
5. R. Gilang Donny E (52409094)
6. Tia Rachmawati B P (51409442)




Koding openGL (dengan Dev-C++) 

1. Membuat Garis


#include <GL/glut.h>
#include <stdlib.h>
#define drawOneLine(x1,y1,x2,y2)  glBegin(GL_LINES);  \
   glVertex2f ((x1),(y1)); glVertex2f ((x2),(y2)); glEnd();


void buat(void)
{
   glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
   glColor3f (1.0, 1.0, 1.0); /*putih*/
   glBegin (GL_LINES);
       drawOneLine (50.0, 75.0, 250.0, 75.0);
   glEnd();
   glFlush ();
}

Friday 11 November 2011

Satu Lagi

Satu lagi, ya satu lagi, kenapa? Aneh ya? Hehe
Maksudnya satu lagi itu tuh, sambungan dari postingan saya yang lebih dahulu, jadi ceritanya bersambung gitu deh, udah kayak sinetron aja ada bersambungnya.

Nah, ini tuh lanjutan dari postingan yang judulnya “Apa aja sih bentuk Desain Pemodelan Grafik untuk Interaksi Manusia dan Komputer?”. Pada postingan yang bersangkutan kan sudah saya jelaskan beberapa contoh bentuk DPG untuk IMK, diantaranya dalam bentuk Menu dan Icon, serta Kotak Dialog. Ceritanya sekarang saya mau nambahin lagi nih.

Bentuk Desain Pemodelan Grafik untuk IMK dalam bentuk Form

Bentuk lain untuk peran DPG dalam IMK tergambar dalam bentuk form, disini saya mengambil contoh form untuk mendaftar (membuat) akun pada yahoo.


Apa aja sih bentuk Desain Pemodelan Grafik untuk Interaksi Manusia dan Komputer?

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hmmm, postingan ini masih dengan suasana kuliah.. kuliah.. dan kuliah..
Interaksi Manusia dan Komputer merupakan komunikasi antara manusia dan computer. Suatu system computer dikatakan user friendly jika mampu menyampaikan dan juga memberikan apa yang diinginkan manusia (user). Desain Pemodelan Grafik dalam IMK sangat besar peranannya terutama dalam mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga user dapat menggunakannya dengan mudah.

Nah, udah pada tahu belum apa saja bentuk-bentuk desain pemodelan grafik untuk IMK?
Kalo belum tahu, izinkan saya untuk memberitahu saudara-saudara sekalian.hehe


Bentuk Desain Pemodelan Grafik untuk IMK dalam bentuk Menu dan Icon

Disini saya mengambil contoh dari Menu dan Icon yang ada pada Ms. Word

Nah, dari gambar di atas dimana sih letak IMK nya?

Apa sih manfaat Desain Pemodelan Grafik untuk bidang budaya?

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Postingan kali ini masih dalam suasana yang sama dengan postingan sebelumnya, yaitu dalam suasana perkuliahan untuk mata kuliah Desain Pemodelan Grafik (*softskill). Nah, jika pada postingan sebelumnya saya telah menjelaskan tentang arti dari desain pemodelan grafik dan juga teknologi gambar vektor dan bitmap serta cara mengkonversi kedua jenis gambar tersebut. Kali ini saya akan menjelaskan secuil tentang manfaat Desain Pemodelan Grafik untuk Bidang Budaya. *inget lho, yang saya tulis disini, ya berdasarkan kemampuan saya J

Hmmm.. Budaya! Ya budaya! Ada apa dengan budaya? Budaya bukannya istrinya Padaya ya? Hehe (*husss ngawurrr). Seiring dengan perkembangan teknologi dan begitu banyaknya budaya asing yang masuk ke negara kita, secara tidak langsung hal tersebut dapat mengurangi nilai budaya asli (daerah) milik negara Indonesia. Budaya itu tidak boleh hilang, karena budaya yang akan menjadi identitas suatu daerah, bahkan identitas suatu negara. Maka dari itu, dengan adanya teknologi kita dituntut untuk dapat memadupadankan antara budaya asli (daerah) dengan teknologi yang semakin berkembang, tentunya tidak dengan mengurangi nilai keaslian budaya asli (daerah).


Hal tersebut ditujukan agar budaya asli (daerah) tidak kalah saing dengan budaya asing yang tidak henti-hentinya masuk ke negara Indonesia. Tujuannya agar budaya asli (daerah) dapat dikenal oleh orang-orang di seluruh dunia. Nah, untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan teknologi Desain Pemodelan Grafik sebagai salahsatu jembatan untuk menduniakan dan memperkenalkan budaya asli (daerah) Indonesia kepada dunia. Salahsatunya dengan menciptakan software-software yang mampu memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia, misalnya saja dengan software Gamelan Virtual (saya belum tahu, apakah sudah direalisasikan menjadi software atau belum, namun saya pernah mendengar gagasan software ini) ataupun Software JBatik (click here)

Harry Potter - Golden Snitch Angry Birds -  Red Bird