Friday 30 December 2011

Jum'at ini Super Sekali

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahi rabbil 'alamiin.. Alhamdulillahi rabbil 'alamiin.. Alhamdulillahi rabbil 'alamiin..
Tak henti-hentinya saya bersyukur dan berterima kasih pada-Mu Ya Allah, karena Engkau telah menjawab permintaan hamba.. Subhanallah.. Akhirnya Saya LULUS Sidang PKB Euy !

Beberapa hari menjelang sidang PKB (Pengantar Kecerdasan Buatan)
Saya membayangkan betapa seramnya sidang itu, dengan kabar angin yang saya dengar dari teman-teman saya yang sudah lebih dahulu sidang. Katanya hati-hati lah, apa lah, pokoknya kata-kata itu terus terbayang-bayang disetiap malam dan begitu menyudutkan saya. Hingga sempat terlintas untuk tidak datang ketika sidang dengan alasan sakit atau apa lah gitu, tapi saya ingat kata orangtua "jangan menyerah sebelum berperang". Lalu saya selipkan do'a dan permohonan saya agar Allah membantu saya dan memberikan kemudahan dan kelancaran untuk sidang saya.

Malam sebelum tiba hari H sidang PKB.

Wednesday 28 December 2011

Nasib Sidang Praktikum Jum'at Besok

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Malam ini hati saya sedang galau, galau segalau-galaunya. (*lebay) Galau membayangkan nasib saya jum'at besok ketika sidang praktikum Pengantar Kecerdasan Buatan (AI). Walaupun sidang praktikumnya bersifat penunjang,  seenggaknya gitu gamenya ada AI-nya, nah ini mah engga dan sampai saat ini saya belum berhasil membuat si player kalah dari AI, maklum karena gamenya bukan hasil buatan saya, jadi saya tidak begitu paham dengan koding AI dari game tersebut. Udah gitu, teman yang sudah lebih dahulu sidang mengatakan kata-kata yang tidak saya ingin dengar, dan membuat teman yang belum menjadi semakin panik. (hey andi, tenang, everything gonna be ok) Nggak tahu apa ya kalo saya tuh orangnya kan panikkan gitu, suka nervous, gak pede, gemeteran, keringet dingin kalo lagi ngomong di depan orang yang belum begitu saya kenal. Ohmaiiiiii :( rasanya ingin sekali saya menskip hari jum'at besok. Andai aku jadi si Nobita yang punya Doraemon. Andaikan saja aku bisa .... andai... aku bisa... bisa apa? Entah lah

Ya Allah, apa yang harus saya lakukan sekarang ini?
Mempelajari baris demi baris kodingan program game yang berratus-ratus line?
Saya sudah mumet memahaminya, sudah mentok.
Berharap ada teman yang berbaik hati datang mengajarkan saya?
Rasanya teman saya juga ingin santai dari project ini dan saya pun tidak mau merepotkan orang lain dengan masalah yang saya miliki.
Berharap si pacar memberi semangat?
Hadeuhhh ngawur aja, pacar dari Hongkong. Lagipula ogah pacaran sebelum nikah saya mah orangnya.
Saya berharap mendapatkan penguji yang baik hati dan saya berharap saya bisa berbicara banyak ketika diajukan pertanyaan oleh pengujinya. (Sudahhlah andi, lebih baik kamu istirahat saja, sudah jam berapa ini? Siapkan dirimu untuk bangun tahajjud nanti. Optimis, berdo'a, usaha, ikhtiar. Ingat penggalan hadits "Allah tidak akan memberi cobaan melebihi kemampuan hamba-Nya")


Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Memberi Label Pada Objek di Blender

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Postingan kali ini tidak beda jauh dengan postingan sebelumnya "pisang di blender". Postingan ini merupakan Laporan Akhir Praktikum kelanjutan dari yang membuat pisang. Nah, langsung saja ke TeKaPe !


Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memberikan texture pada blender. Texture itu sendiri digunakan untuk memberikan efek warna pada objek.


Cekidot :p


Disini saya akan memberikan (menempelkan) label pada objek berupa kaleng.
Saya menggunakan software Blender 2.60 dalam pengerjaannya.
  • Disini saya telah membuat objek berupa kaleng, seperti:

Logika dari Program C Mencari Nilai Maksimum dan Minimum


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Postingan ini merupakan lanjutan dari postingan saya yang berjudul  "Program C untuk mencari nilai Maksimum & Mininimum"
Nah, postingan ini merupakan logika dari Listing atau Code Program yang ada pada postingan tersebut.

Algoritma Divide and Conquer merupakan algoritma yang sangat populer di dunia Ilmu Komputer. Divide and Conquer merupakan algoritma yang berprinsip memecah-mecah permasalahan yang terlalu besar menjadi beberapa bagian kecil sehingga lebih mudah untuk diselesaikan. Langkah-langkah umum algoritma Divide and Conquer :
1. Divide : Membagi masalah menjadi beberapa upa-masalah yang memiliki kemiripan dengan masalah semula namun berukuran lebih kecil ( idealnya berukuran hampir sama ).
2. Conquer : Memecahkan ( menyelesaikan ) masing-masing upa-masalah ( secara rekursif ).
3. Combine : Menggabungkan solusi masing-masing upa-masalah sehingga  membentuk solusi masalah semula.
Objek masalah yang di bagi adalah masukan (input) atau instances yang berukuran n: tabel (larik), matriks, dan sebagainya, bergantung pada masalahnya. Tiap-tiap upa-masalah mempunyai karakteristik yang sama (the same type) dengan karakteristik masalah asal, sehingga metode Divide and Conquer lebih natural diungkapkan dalam skema rekursif.

#include <conio.h>

Saturday 24 December 2011

RIP-Routing (Jaringan Komputer)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Postingan kali ini agak berbau laboratorium, emang sih postingan ini saya ambil dari Laporan Akhir Praktikum saya.hehe :) Nah, langsung saja ke TeKaPe !


Cekidot :p


RIP (Routing Information Protocol) adalah protokol routing dinamik yang digunakan dalam jaringan LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network) yang berbasis distance vector. RIP menggunakan protokol UDP pada port 520 untuk mengirimkan informasi routing antar router. RIP menghitung routing terbaik berdasarkan perhitungan HOP sebagai metric routing. Rip routing sendiri menghubungkan beberapa jaringan computer dengan router sebagai medianya (perantaranya). Komponen yang digunakan untuk membuat rip routing adalah PC, Router, Kabel Cooper-Straight Through dan Kabel Serial DTE.


Disini saya akan menjelaskan bagaimana membuat RIP-Routing. Misalnya terdapat topologi beberapa jaringan yang akan kita RIP-Routing agar saling terhubung satu sama lain
, seperti yang terlihat pada gambar di bawah:


 Gambar 1. Rancangan jaringan untuk RIP routing

Program C untuk mencari nilai Maksimum & Mininimum

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Whaddup kawan blogger, pada postingan kali ini saya mau share source code program C hasil dari praktikum Pemrograman dan Analisa Algoritma di Kampus nih.

Software   : TurboC++
Nama File : maxmini.c

Coding Program Mencari Nilai Maximum dan Minumum

#include <stdio.h>
#include <conio.h>


int a[100];
int max, min;
void maxmin(int i, int j) {
int max1, min1, mid;
if(i==j) {
max=min=a[i];
}
else if(i==j-1) {
if(a[i]>a[j]) {
max=a[i];
min=a[j];
}

Wednesday 21 December 2011

Pisang di Blender

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Postingan kali ini agak berbau laboratorium, emang sih postingan ini saya ambil dari Laporan Akhir Praktikum saya.hehe :) Nah, langsung saja ke TeKaPe !


Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara sederhana untuk membuat objek berupa pisang dengan menggunakan software blender. Dikarenakan saya masih baru mengenal software ini beberapa minggu yang lalu, harap maklum jika proses modellingnya masih belum sempurna. hehe :)


Cekidot :p

Nah, ini nih source gambar berformat .jpeg yang akan kita gunakan untuk dibuat model 3D nya.


Untuk membuat gambar pisang berformat .jpeg tersebut menjadi objek 3D yang harus kita lakukan pada blender diantaranya:
  • Hapus default bentuk kubus yang ada ketika pertama kali kita membuka blender dengan menggunakan shortcut X atau Del.
  • Selanjutnya kita masukkan objek pisang berformat .jpeg yang akan kita buat objek 3D nya dengan menggunakan shortcut N untuk memunculkan toolbar transform, lalu centang option Background Images >> Add Image >> pilih gambar pisang yang akan kita gunakan.

Monday 19 December 2011

Source Program Laporan Akhir Praktikum Aku

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Uyeeeyyy !  Nggak kerasa ya uts semester 5 udah selesai aja, leganyoooooo. Semoga hasil uts kali ini memuaskan dan bisa ningkatin IPK *aamiin :D , tapi masih belum tenang karena masih ada sidang Prolog, ujian praktikum dan UAS semester 5..ckckck

Postingan ini dimaksudkan untuk membantu kawan 13 khususnya dalam membuat Laporan Akhir Praktikum untuk minggu ini..hhe
Selesai uts seharusnya ada libur tenang dulu kek, lah ini mah udah langsung aktif lagi aja, mantap betul dah. *curcol :D

Silahkan di download disini source programnya:
LA Grafik Komputer
[ klik aja ]

LA Perancangan dan Analisa Algoritma (ada yang bentuk printscreen dan ada yang udah saya salin codingannya)
link download 1 [ klik aja ]
link download 2 [ klik aja ]

Sunday 18 December 2011

Membuat Animasi Sorotan Lampu pada Tulisan


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sama seperti satu postingan saya sebelumnya, pada postingan kali ini saya akan berbagi ilmu yang saya dapat dari SMK saya dahulu. Sebenarnya postingan ini sudah pernah saya posting pada blog saya yang lama. Untuk meningkatkan eksistensi blog saya yang ini, maka saya posting kembali.hehe :)

Di sini kita akan menggunakan software yang bernama FLASH, entah itu Macromedia Flash MX, Flash 8, atau Adobe Flash, yang penting berbasis flash (filenya .fla).


Langkah pertama yang kita lakukan adalah membuat layer.
Di sini kita membutuhkan 2 layer.


Ket:
Layer teks digunakan untuk membuat teks dasar yang akan tersorot nantinya.
Layer sorot digunakan untuk membuat efek sorotan pada tulisan.

Pertamax-tamax kit abaca bismillahirrahmanirrahiim dulu, agar animasi yang kita buat tidak gagal.
J

Membuat Animasi Tulisan Warna-warninya Bergerak

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada postingan kali ini saya akan berbagi ilmu yang saya dapat dari SMK saya dahulu. Sebenarnya postingan ini sudah pernah saya posting pada blog saya yang lama. Untuk meningkatkan eksistensi blog saya yang ini, maka saya posting kembali.hehe :)

Di sini kita akan menggunakan software yang bernama FLASH, entah itu Macromedia Flash MX, Flash 8, atau Adobe Flash, yang penting berbasis flash (filenya .fla).

Langkah pertama yang kita perlukan sebelum membuat animasi ini adalah membuat layer sebanyak 3 layer,


Ket:
Layer teks digunakan untuk membuat teks dasar.
Layer warna digunakan untuk membuat animasi dari tulisan tersebut.
Layer teks2 digunakan untuk membubuhkan garis agar teks dasar dapat terlihat.

Okelah kalo begitu, kita mulai saja membuat this project.

Friday 9 December 2011

Mendesain Model Masjid 3 Dimensi dengan Blender

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Postingan kali ini masih dalam suasana yang sama dengan postingan sebelumnya, yaitu dalam suasana perkuliahan untuk mata kuliah Desain Pemodelan Grafik (*softskill). Nah, jika pada postingan sebelumnya kita hanya membahas teori, kali ini akan membahas tentang prakteknya.

Sebelum kita mulai bikin animasinya, ada baiknya kita kenalan dulu sama si Blender. Blender? Blender itu alat yang buat bikin juice itu bukan? Perlu digarisbawahi ya, blender disini tuh bukan yang buat bikin juice itu, blender disini merupakan salah satu program aplikasi gratis yang digunakan untuk membuat model ataupun animasi 3 dimensi. Saya mengenal program ini baru beberapa minggu yang lalu, karena pada saat praktikum menggunakan blender juga. hehe

Nah, ngga usah bertele-tele. Langsung saja ke TKP (#OV*:mode on)
Kali ini saya akan membuat sebuah objek 3D berupa Masjid. Kenapa masjid? Ada beberapa alasannya, yaitu yang pertama karena saya menyukai segala sesuatu yang berkaitan dengan keagamaan (agama islam tentunya), salahsatunya ya dengan menggambar masjid ini. Alasan lain saya mengambil objek masjid ini karena ya ini lah objek yang terlintas dipikiran saya ketika ditugaskan untuk menciptakan sebuah objek dan disertai alasannya. Selain karena keindahannya, di masjid juga kita dapat melakukan berbagai hal yang bermanfaat tidak hanya untuk beribadah semata, kita dapat memperoleh berbagai ilmu dengan berbagai kegiatan yang sering diselenggarakannya. Pokoknya saya sangat menyukai objek yang saya buat ini karena “Islam Itu Indah”, maka dari itu saya berusaha untuk bertanya dan mencoba utnuk membuat desain masjid ini agar menjadi seindah mungkin.


Oke langsung saja kita buat objeknya di blender versi 2.60

Pastikan kita telah mendownload aplikasi blendernya, jika belum di download silahkan klik [ disini ]. Jika telah di download, lakukan instalasi. Hanya tinggal klik next-next saja kok, lalu finish.hehe

Membuat animasi unyu di EToys

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Whats up kawan blogger? Postingan kali ini judulnya agak sedikit alay ya? Hehe (*gak apa-apa lah, yang penting kan isinya gak alay)

Sebelum kita mulai bikin animasinya, ada baiknya kita kenalan dulu sama si Etoys. Etoys? Etoys adalah salah satu program aplikasi yang tujuannya untuk edukasi. Target utama dari pembuatan program ini sendiri adalah untuk anak-anak usia 1 tahun hingga 18 tahun (*kalo nggak salah, karena pas kita save ada form isian untuk target usia dari animasi yang kita buat).

Oke, jangan bertele-tele lah. Langsung saja kita mulai membuat project di etoys. Kalo kawan belum memiliki aplikasinya, bisa di download [ disini ]. Jika telah di download, langsung saja di install ya, tinggal next-next aja kok lalu finish.hehe

  • Buka program aplikasi Etoys
Ketika pertama kali kita buka program aplikasinya maka akan muncul tampilan seperti:

Harry Potter - Golden Snitch Angry Birds -  Red Bird