Monday 23 April 2012

Android Application Angkot Information In Bogor (A.I.B)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Whaddup kawan blogger? Kali ini saya hadir dengan sesuatu yang segar, yaitu tentang aplikasi android yang saya buat untuk Project di Lab. Kampus saya. Aplikasi ini saya beri nama A.I.B (Android Application Angkot Information In Bogor). Waduh bener ngga tuh bahasa inggrisnya? Pokoknya intinya mah saya membuat aplikasi android yang menyajikan informasi nomor trayek angkot, jurusan angkot da rute angkot di Kota dan Kabupaten Bogor.

Nah ini nih tampilan awal atau splash screen dari aplikasi yang saya buat.
screen opening

Wednesday 18 April 2012

Convert "File.blend" to "File.mesh"

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hey kawan blogger, piye kabare? damang kan? hehe
Kali ini saya ingin berbagi ilmu yang baru saja saya dapatkan, setelah mencari-cari tutor untuk konversi file.blend menjadi file.mesh akhirnya saya bisa juga mempraktekkannya di laptop gepuk saya.

Nah langsung saja saya mulai bahas ke pokok bahasannya. Cekidot !
Sebelumnya pastikan kawan sudah menyimpan beberapa file penting dalam proses ini:
- Install Python 2.6.6 [download] atau pilih tipe downloadan pythonnya [disini]
- Install atau Ekstrak Blender 2.49 (dipilih karena versi ini yang stabil dan karena saya belum berhasil mencobanya untuk versi yang lain :)) [download] atau pilih sesuai tipe OS atau bit OS nya [disini]
- Download BlenderExportToOgre.zip [download]
setelah download BlenderExport, ekstrak semua filenya dan copy paste kan ke dalam folder .blend\scripts
- Download OgreCommandLineTools [download]
setelah downloas OgreCommandLineTools, install dan tempatkan ke suatu folder sesuai dengan keinginan.

S T A R T

1. Buka program aplikasi Blender yang sudah di install atau di ekstrak

2. Buat objek atau buka objek pada Blender

Saturday 14 April 2012

Put Objects and Give Particles with OGRE Programming

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Seperti peribahasa, "tak ada tugas, blog pun sepi postingan". Untuk mengisi kekosongan di blog ini, kali ini saya akan posting sedikit apa yang saya 'dapat' dari lab ketika praktikum Grafik Komputer. Disini saya akan berbagi tentang coding program OGRE untuk memanggil atau menampilkan objek dan memberikan partikel (sejenis animasi gitu) pada objek.

Jika program OGRE nya belum berhasil di run, coba download tutorial ini [ download ]

Jika pada project OGRE belum muncul binaries nya juga, mungkin ada file .dll yang kurang. Coba [ download file.dll ini ], extract dua file.dll ini ke dalam folder release project yang kita buat. Lalu jalankan lagi, cek apakah di dalam folder project_yang_dibuat > release yang kita buat sudah ada file.exe nya.

Nah, ini inti dari postingan saya: cekidot !
1. Buat project baru atau buka project OGRE yang sudah pernah dibuat sebelumnya.
2. Lakukan konfigurasi pada properties project seperti yang terdapat pada tutorial.
3. Setelah program dapat di running, copy paste kan coding program ini ke dalam project yang sudah kita buat atau project baru.

Coding program OGRE untuk memanggil beberapa objek dan memberikan animasi:

#include "ExampleApplication.h"
class BelajarOgre : public ExampleApplication {
public:
BelajarOgre(){

Sunday 8 April 2012

Ini Harapanku

Menjadi orang sukses memang terasa menyenangkan, tetapi menjadi aktor di belakang orang-orang sukses itu akan terasa lebih menyenangkan.

Wednesday 4 April 2012

Menampilkan Nama Dosen beserta Mata Kuliah yang diajar berdasarkan table DOSEN dengan Coding PL/SQL

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Postingan ini masih membahas tentang Coding PL/SQL, namun kali ini saya akan berbagi tentang coding PL/SQL untuk  Menampilkan Nama Dosen beserta Mata Kuliah yang diajar berdasarkan table DOSEN.


Untuk pembuatan database dengan PL/SQL disini saya tidak menggunakan Database Mysql lagi namun kita diharuskan menggunakan Oracle (*hal ini agar seragam dengan praktikum di kampus). Disini saya menggunakan ORACLE 10G XE , dimana cara menjalankannya kita harus masuk ke dalam sebuah IP http://127.0.0.1:8080/apex  itu yang saya gunakan untuk menjalankan Oracle dan membuat program ini.



Menampilkan nama dosen beserta matakuliah yang diajar berdasarkan table dosen
Buat table dosen
Sintaksnya:
CREATE TABLE DOSEN(NIP VARCHAR(8), NAMA VARCHAR(20), MATKUL VARCHAR(20));

Mencari Luas Segitiga dengan Coding PL/SQL


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hello kawan blogger, pagi-pagi sudah posting *tumben. hehe
Postingan kali ini saya akan berbagi tentang PL/SQL. PL/SQL merupakan singkatan dari Procedural Language/Structure Query Language, jadi PL/SQL merupakan bahasa pemrograman SQL yang terstruktur seperti halnya java, pascal, dll.

Saya menggunakan ORACLE 10G XE , dimana cara menjalankannya kita harus masuk ke dalam sebuah IP http://127.0.0.1:8080/apex  itu yang saya gunakan untuk menjalankan Oracle dan membuat program ini.

Disini saya akan berbagi tentang coding PL/SQL untuk  Mencari Luas Segitiga.
a. Sintaks PL/SQL nya:
DECLARE
A NUMBER(5):=7;
T NUMBER(5):=5;

Tuesday 3 April 2012

Penyelesaian Numerik Persamaan Non-Linear (Metode Regula Falsi)


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Postingan ini merupakan kelanjutan tugas kuliah dari postingan sebelumnya tentang Penyelesaian Numerik Persamaan Non-Linear (Metode Secant). Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang salah satu metode penyelesaiannya, yaitu dengan Metode Regula Falsi.


Langkah penyelesaian:
a. Tentukan a, b, toleransi, dan jumlah iterasi maksimum.
b. Periksa apakah f(a) x f(b) > 0; jika ya, keluar dari progam karena pada selang yang diberikan tidak terdapat akar persamaan.
c. Hitung nilai m = a - f(b) x (b - a) / [f(b) - f(a)].
d. Jika nilai mutlak (m-a) < toleransi, tuliskan m sebagai hasil perhitungan, dan akhiri program; jika tidak, lanjutkan ke langkah berikutnya.
e. Jika jumlah iterasi > iterasi maksimum, akhiri program.
f. Jika f(a) x f(m) < 0, maka b = m; jika tidak, a = m
g. Kembali ke langkah c.

Disini yang saya akan bahas bukanlah materi tentang apa itu metode regula falsi, berhubung saya tugasnya membuat program, maka yang saya share disini adalah programnya. Saya menggunakan bahasa pemrograman C untuk menemukan solusi dengan metode regula falsi ini.

Coding program regulafalsi.c untuk kasus f(x) = x^3 + 3*cos(x) - x
// Metode Regula Falsi 
#include <stdio.h>
#include <conio.h> 
#include <math.h> 
#define PHI 3.141592654 

Penyelesaian Numerik Persamaan Non-Linear (Metode Secant)


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Postingan ini merupakan kelanjutan tugas kuliah dari postingan sebelumnya tentang Penyelesaian Numerik Persamaan Non-Linear (Metode Newton Raphson). Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang salah satu metode penyelesaiannya, yaitu dengan Metode Secant. Metode secant merupakan salah satu metode terbuka untuk menentukan solusi akar dari persamaan non linier, dengan prinsip utama sebagai berikut:
1. Metode ini melakukan pendekatan terhadap kurva f(x) dengan garis secant yang ditentukan oleh 2 titik terakhir.
2. Nilai taksiran akar selanjutnya adalah titik potong antara garis secant dengan sumbu x.


Langkah penyelesaian:
a.  Tentukan nilai awal X0 dan X1
b. Hitung f(X0) dan f(X1), kemudian cek konvergensi f(X0) dan f(X1)
c. Lakukan iterasi
d. Hitung nilai taksiran akar selanjutnya
    xk+1 = xk – (f(xk) / (f(xk) - f(xk-1))) * (xk – xk-1)
e. Cek konvergensi terhadap XTOL (jika ada)

Disini yang saya akan bahas bukanlah materi tentang apa itu metode secant, berhubung saya tugasnya membuat program, maka yang saya share disini adalah programnya. Saya menggunakan bahasa pemrograman C untuk menemukan solusi dengan metode secant ini.

Coding program secant.c untuk kasus f(x) = x^3 + 3*cos(x) - x

// Metode Secant 
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <math.h>
#define PHI 3.141592654

Penyelesaian Numerik Persamaan Non-Linear (Metode Newton-Raphson)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Postingan ini merupakan kelanjutan tugas kuliah dari postingan sebelumnya tentang Penyelesaian Numerik Persamaan Non-Linear (Metode Fixed Point Iteration). Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang salah satu metode penyelesaiannya, yaitu dengan Metode Metode Newton-Raphson.

Langkah penyelesaian:
a.  Tentukan x0 , toleransi, dan jumlah iterasi maksimum.
b.  Hitung xbaru  = x - f(x0)/f’(x0).
c.  Jika nilai mutlak (xbaru - x0 ) < toleransi, diperoleh tulisan xbaru sebagai hasil perhitungan; jika tidak, lanjutkan ke langkah berikutnya.
d. Jika jumlah iterasi > iterasi maksimum, akhiri program.
e.  x = xbaru  , dan kembali ke langkah b.

Disini yang saya akan bahas bukanlah materi tentang apa itu metode newton-raphson, berhubung saya tugasnya membuat program, maka yang saya share disini adalah programnya. Saya menggunakan bahasa pemrograman C untuk menemukan solusi dengan metode newton-raphson ini.

Coding program newtonraphson.c untuk kasus f(x) = x^3 + 3*cos(x) - x

// Metode Newton-Raphson 
#include <stdio.h>
#include <conio.h> 
#include <math.h>
#define PHI 3.141592654 

Penyelesaian Numerik Persamaan Non-Linear (Metode Fixed Point Iteration)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Postingan ini merupakan kelanjutan tugas kuliah dari postingan sebelumnya tentang Penyelesaian Numerik Persamaan Non-Linear (Metode Bisection). Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang salah satu metode penyelesaiannya, yaitu dengan Metode Fixed Point Iteration atau biasa disebut juga Metode Iterasi Titik Tetap.

Langkah penyelesaian:
a. Tentukan x0, toleransi, dan jumlah iterasi maksimum.
b. Hitung x = g(x ).
c.  Jika nilai mutlak (xbaru- x0 ) < toleransi, diperoleh tulisan xbaru sebagai hasil perhitungan; jika tidak, lanjutkan ke langkah berikutnya.
d. Jika jumlah iterasi > iterasi maksimum, akhiri program.
e.  x0 = xbaru, dan kembali ke langkah b.

Disini yang saya akan bahas bukanlah materi tentang apa itu metode fixed point iteration, berhubung saya tugasnya membuat program, maka yang saya share disini adalah programnya. Saya menggunakan bahasa pemrograman C untuk menemukan solusi dengan metode fixed point iteration ini.

Coding program fixpointiteration.c untuk kasus f(x) = x^3 + 3*cos(x) - x
// Metode Iterasi 
#include <stdio.h> 
#include <conio.h>
#include <math.h> 
#define PHI 3.141592654

Penyelesaian Numerik Persamaan Non-Linear (Metode Bisection)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sepertinya blog ini sudah mulai dipenuhi sarang laba-labanya, gara-gara tak pernah ditengokin pemiliknya..hehe. Lama tak posting-posting lagi, sebenarnya mau posting sedari kapan tahu, tapi terhambat tugas kuliah terus..hehe *alibi.

Kali ini saya ingin berbagi sedikit bahasan yang saya dapat di kampus, yaitu tentang "Penyelesaian Numerik Persamaan Non-Linear". Di kampus saya mata kuliahnya dinamakan Rekayasa Komputasional. Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang salah satu metode penyelesaiannya, yaitu dengan Metode Bisection. Metode ini merupakan metode yang digunakan untuk mencari solusi akar dari persamaan satu variable = f(x), biasanya digunakan untuk kasus non linear “Sulit”.


Langkah penyelesaian:

a.  Tentukan a, b, toleransi, dan jumlah iterasi maksimum. 
b.  Periksa apakah f(a) x f(b) > 0; jika ya, keluar dari progam karena pada selang yang diberikan tidak terdapat akar persamaan. 
c.  Hitung nilai m = (a + b)/2 
d.  Jika nilai mutlak (b-a) < toleransi, tuliskan m sebagai hasil perhitungan, dan akhiri program; jika tidak, lanjutkan ke langkah berikutnya. 
e.  Jika jumlah iterasi > iterasi maksimum, akhiri program. 
f.  Jika f(a) x f(m) < 0, maka b = m; jika tidak, a = m. 
g.  Kembali ke langkah c.



Disini yang saya akan bahas bukanlah materi tentang apa itu metode bisection, berhubung saya tugasnya membuat program, maka yang saya share disini adalah programnya. Saya menggunakan bahasa pemrograman C untuk menemukan solusi dengan metode bisection ini.


Coding program bisection1.c untuk kasus f(x) = x^2 - 3
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<math.h>

float f(float x);
main(){
float a,b,y,r1,r2,r3;
Harry Potter - Golden Snitch Angry Birds -  Red Bird