Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Hey kawan, puasa jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Kalo ngga ada kegiatan mending kita belajar Blender (*sambil ngabuburit nunggu buka puasa..hehe*)
Ada kawan di komunitas yang bertanya, “sy udah coba2 buat asap pake blendr render, udah keluar asapnya tp pas direndr kog ga klihtn y..? Mohon bantuannya.. Makasih..”.
Dan dengan tulisan ini saya mau coba menjawabnya.
Untuk membuat asap, kita butuh yang namanya domain dan juga flow. Domain digunakan untuk tempat si asap akan mengepul. Dan flow digunakan untuk sumber keluarnya si asap.
- Pertama, ubah ukuran cube yang ada ketika pertama kali kita buka Blender. (cube ini nantinya akan dijadikan sebagai domainnya)
- Tambahkan objek berupa plane (bebas, sesuai keinginan teman-teman. Plane ini nanti akan dijadikan sebagai flownya)
- Selanjutnya, kita hanya tinggal melakukan pengaturan di panel properties.
- Setelah itu seleksi objek Plane, lalu pada panel physics. Pilih Smoke, lalu ubah modenya menjadi Flow.
- Seleksi kembali objek Cube. Lalu pada panel material, ubah tipe materialnya menjadi volume.
- Setelah itu kita pindah ke panel texture.
- Sekarang kita play timelinenya. Setelah timelinenya berjalan, misal pada frame 45 kita stop dan terlihat asapnya keluar. (*dari awal juga begitu ndii..hehe*)
- Sekarang coba kita render.. dan ternyata….. berhasil belajar membuat asap. Senangnyooo! :D
- Untuk mengubah warna asap, dapat kita atur di texture dengan cara mencentang Ramp dan memainkan warnanya. Contohnya seperti ini :
Seleksi objek Cube, lalu pada panel physics. Pilih Smoke, lalu ubah modenya menjadi Domain.
Lalu centang Smoke Adaptive Domain dan Smoke High Resolution
Pada kolom Density ubah nilainya menjadi 0.
Tambahkan tekstur baru dan ubah tipe texturenya menjadi Voxel Data.
Lalu pada kolom Domain Object, pilih objek yang dijadikan Domain. Disini yang saya jadikan domain adalah Cube, maka yang saya pilih adalah objek Cube.
Pada menu Influence, centang Density dan Emission. Density dicentang untuk mengambil data yang ada pada material yang sudah kita atur sebelumnya. Dan Emission dicentang agar warna objek / asap terlihat lebih jelas.
Sekian yang dapat saya tuliskan pada kesempatan kali ini tentang belajar membuat asap dengan Blender. Maaf jika sangat teramat sederhana dan minimalis tulisannya. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami. hehe
Selamat mencoba dan mengeksplorasi dengan Blendernya :)
filenya dapat disini download test_smoke.blend
Akhir kata Terima kasih dan …
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
makasih gan,
ReplyDeletesama-sama :)
Deletethnks gan
ReplyDeletesama-sama sisttt
Delete