Wednesday 19 October 2011

Bagaimana sih konversi gambar bitmap ke vektor? dan sebaliknya!

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Postingan ini masih tentang tugas kuliah saya, yaitu mata kuliah “Desain Pemodelan Grafik”. Jujur saja, softskill pada semester ini lebih menantang jika dibandingkan dengan softskill yang saya dapat sedari semester 1. Pasalnya Pak Dosennya sudah mewanti-wanti mahasiswanya, “Jika ketahuan postingannya hasil copy-paste, maka nilainya nol!”. Namun, karena ini lah saya bisa sedikit lebih mengeksplorasi bahasa di blog saya ini. *wew, jadi curcol begini.hehe

Pada postingan sebelumnya sudah saya paparkan “Apa sih Desain Pemodelan Grafik itu? dan Apa gambar vektor dan bitmap itu?”. Tugas kedua yang diberikan oleh dosen softskill, mahasiswa “bagaimana cara kerja computer (software) untuk mengkonversi gambar vektor ke bitmap? Dan sebaliknya!”

Ketika mendapat tugas ini, kebetulan modem saya lagi mati. (*sepertinya keadaan tidak bersahabat sekali dengan saya) dan saya pun mencoba ngulik sendiri menggunakan software GIMP untuk menemukan tatacara mengkonversi gambar bitmap ke vector dan gambar vector ke bitmap. Dan akhirnya saya pun tidak berhasil tanpa tutorialnya. Namun saya belum patah semangat, saya pun mencobanya dengan menggunakan software Macromedia Flash (*software yang selalu ada di PC ataupun laptop saya, maklum saja saya sudah terbiasa membuat segala sesuatu yang berbau grafis dengan software ini), dan saya pun berhasil mengubah gambar bitmap menjadi gambar vector, begitu pun sebaliknya. *walaupun caranya terkesan manual banget, namun ini lah cara yang saya dapatkan secara otodidak untuk mengkonversi keduanya

Konversi menggunakan software Macromedia Flash
Konversi gambar bitmap ke vector:
  1. Buka program aplikasi Macromedia Flash atau Adobe Flash
  2. Klik pada layer 1 (layer itu yang ada di bagian atas lembar kerja)
  3. Klik File, lalu pilih Import (ctrl+R), dan pilih gambar bitmap yang akan dikonversi
  4. Setelah file terpilih, sesuaikan ukuran lembar kerja dengan ukuran gambarnya
  5. Setelah itu klik gambar gembok yang terdapat di layer, tujuannya agar pada saat proses penjiplakan gambarnya tidak berpindah posisi
  6. Nah, disini kita sudah mulai bekerja dengan toolsnya (untuk yang masih kurang jelas atau belum mengenal, saya sarankan kenali toolsnya terlebih dahulu, karena dengan kita mengenal toolsnya maka pekerjaan kita akan terasa lebih mudah)
  7. Buat layer baru untuk menempatkan gambar jiplakan dari gambar bitmap yang kita punya, pastikan posisi layer baru ini berada diatas layer 1
  8. Pilih Line Tool untuk menjiplak gambar bitmap (pastikan garis-garis jiplakannya saling berhubungan, karena jika tidak berhubungan nantinya pada proses pewarnaan gambar akan terasa sulit)
  9. Setelah semua terjiplak, langkah selanjutnya adalah pemberian warna. Disini kita bekerja dengan Paint Bucket Tool, usahakan warna yang kita gunakan mirip dengan warna gambar bitmapnya.
  10. Setelah proses pewarnaan selesai, jangan lupa save project yang telah kita buat
  11. Dan jadi lah gambar vector yang kita inginkan

Konversi gambar vektor ke bitmap:
Untuk mengkonversi gambar vector ke bitmap saya pikir itu tidaklah sulit. Langkah-langkah yang perlu dilakukan, diantaranya:
  1. Buka program aplikasi Macromedia Flash atau Adobe Flash (disini saya masih menerangkan konversi dengan software Flash)
  2. Open file gambar vector yang kita miliki
  3. Klik File, lalu pilih Export Image (akan muncul jendela pilihan export image), lalu ketikkan nama filenya, setelah itu pilih save as typenya, lalu pilih save
  4. Selesai J

Nah, setelah saya memiliki uang untuk membeli pulsa untuk modem saya (maklum saja, saya tidak mau minta-minta uang ke orangtua saya, jadi mau beli pulsa pun harus menunggu upah dari hasil mengajar les.hehe *curcol lagi) saya pun searching-searching mencari tata cara konversi yang baik dan benar. Dan akhirnya saya dapat dari ilmugrafis.com

Konversi gambar bitmap ke vector dengan software CorelDraw:
  • Buka program aplikasi CorelDraw
  • Open file gambar bitmap yang akan dikonversi
  • Klik Bitmap yang terdapat pada menubar, pilih Trace Bitmap
  • Maka akan muncul jendela pilihan type (dan terdapat pilihan seperti: line art, logo, dll), pilih salah satu, dan akan terlihat jendela baru
  • Akan tampak perubahan gambar bitmap dan juga hasil proses trace tersebut berupa gambar vektor
  • Pada pilihan menu Options:
    • Pilih salah satu pilihan yang terdapat pada type of image (lihat perubahan gambar bitmap ke vektornya)
    • Atur smoothing dan juga detail gambarnya sesuai dengan yang kita inginkan (lihat perubahan gambar bitmap ke vektornya)
    • Atur juga color modenya, karena hal ini juga menentukan hasil konvesi gambar hasil proses trace
    • Pada Options, terdapat kotak delete original image, jika kotak tersebut diaktifkan maka gambar bitmap (gambar original hasil open file) akan terhapus dan digantikan dengan gambar vector hasil trace pada lembar kerja CorelDrawnya

  • Setelah selesai mengatur segala pengaturannya, lalu klik OK
  • Dan pada lembar kerja CorelDraw, kini kita telah mendapatkan gambar vector yang kita inginkan. Kini gambarnya pun bisa diubah ukurannya (tanpa menghiraukan gambarnya akan pecah), kita juga bisa mengubah warnanya, bisa di ungroup, dll
  • Jangan lupakan hal yang terpenting ketika melakukan pekerjaan, yaitu save project


Untuk mengkonversi gambar vector ke bitmap menggunakan CorelDraw caranya tidak jauh berbeda dengan yang telah saya jelaskan sebelumnya menggunakan Flash, yaitu:
  • Buka file gambar vektor yang akan dikonversi ke gambar bitmap
  • Klik File
  • Pilih Import (ctrl+I)
  • Ketikkan nama filenya
  • Pilih format gambar bitmap (misalnya: JPG, BMP, GIF, dll)
  • Klik Import
  • Kita sudah memiliki gambar bitmap dari yang awalnya bertipe gambar vektor
Mungkin hanya ini yang bisa saya share kepada sodara-sodara, semoga ada manfaatnya. Jika ada kesalahan dalam penjelasan saya, mohon dikoreksi (dengan kirim komentar).

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

No comments:

Post a Comment

Harry Potter - Golden Snitch Angry Birds -  Red Bird