Wednesday 18 April 2012

Convert "File.blend" to "File.mesh"

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hey kawan blogger, piye kabare? damang kan? hehe
Kali ini saya ingin berbagi ilmu yang baru saja saya dapatkan, setelah mencari-cari tutor untuk konversi file.blend menjadi file.mesh akhirnya saya bisa juga mempraktekkannya di laptop gepuk saya.

Nah langsung saja saya mulai bahas ke pokok bahasannya. Cekidot !
Sebelumnya pastikan kawan sudah menyimpan beberapa file penting dalam proses ini:
- Install Python 2.6.6 [download] atau pilih tipe downloadan pythonnya [disini]
- Install atau Ekstrak Blender 2.49 (dipilih karena versi ini yang stabil dan karena saya belum berhasil mencobanya untuk versi yang lain :)) [download] atau pilih sesuai tipe OS atau bit OS nya [disini]
- Download BlenderExportToOgre.zip [download]
setelah download BlenderExport, ekstrak semua filenya dan copy paste kan ke dalam folder .blend\scripts
- Download OgreCommandLineTools [download]
setelah downloas OgreCommandLineTools, install dan tempatkan ke suatu folder sesuai dengan keinginan.

S T A R T

1. Buka program aplikasi Blender yang sudah di install atau di ekstrak

2. Buat objek atau buka objek pada Blender


3. Select objeknya

4. Klik File > Export > OGRE Meshes

5. Aktifkan Coloured Ambient, Copy Textured dan OgreXMLConverter


6. Pilih folder tujuannya, misal: D:\software\semester4\install ogre\Ogre\praktikum ogre

7. Klik Preferences


8. Pilih tempat file OgreXmlConverter.exe berada, jika sudah, klik OK

9. Klik Export

10. Periksa di folder yang sudah didefinisikan pada langkah 6, akan terdapat 4 file



11. Nah, dengan demikian maka telah selesai proses "Convert "File.blend" to "File.mesh""

12. Untuk memanggil file.mesh pada coding ogre, pindahkan file.mesh ke folder C:\OgreSDK\media\models


13. Pada coding ogre nya panggil file.mesh nya

E N D

Sekian yang dapat saya bagikan malam hari ini. Di lain kesempatan, saya akan berbagi lagi. Apabila ada kesalahan pada postingan ini mohon dikoreksi. Apabila ada pertanyaan, silahkan.. insyaAllah saya jawab (jika mampu :))
Akhir kata terima kasih dan ...

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

No comments:

Post a Comment

Harry Potter - Golden Snitch Angry Birds -  Red Bird