Sunday 5 May 2013

Cara Rendering Blender via Command Line Interface di Windows

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sekali nulis serasa enggan berhenti #ceileeeeh
Padahal mah lagi galau gegara mikirin BAB 3 cekelipci yang tak tahu hendak dimulai dari mana..huhu
Lah ko malah curcol???

Okay, kita lanjut ke materi sharing berikutnya.
Kali ini saya mau berbagi bagaimana cara untuk rendering animasi Blender tanpa harus membuka aplikasi Blendernya. Hmmm bingung kan? Mana bisa mau render tapi ga buka blendernya dulu. Yang saya mau bagi disini adalah tatacara untuk rendering via Command Line di Windows.

Sebenerya semua tentang Blender sudah ada di wiki blendernya, tapi disini saya ingin berbagi saja apa yang saya punya. Tidak apa kan?  Untuk melakukan render via CLI disini kita tetap harus menginstall software Blendernya, akan tetapi kita tidak perlu membuka GUI dari software Blender tersebut.

Kita akan membandingkan optimasi waktu jika merender dengan GUI dan CLI.


Percobaan pertama akan kita lakukan rendering dengan menggunakan GUI di Blender.

hasil pada GUI


Percobaan kedua akan kita lakukan rendering frame yang sama, akan tetapi kali ini dengan menggunakan CLI. Berikut adalah tata caranya:
  1. Buka Command Prompt
  2. Pindah atau masuk ke direktori aplikasi Blender terinstall.
    Pada PC saya aplikasi Blender terdapat di C:\Program Files\Blender Foundation\Blender, maka yang harus kita lakukan adalah mengetikkan perintah cd C:\Program Files\Blender Foundation\Blender pada cmd.
  3. Setelah masuk ke direktori aplikasi Blender, langkah selanjutnya adalah memasukkan perintah untuk render yang bentuk umumnya: blender.exe -b [lokasi_file_Blender_yang_akan_dirender] -o [folder_tujuan_untuk_menyimpan_hasil_render] -s [frame-awal] -e [frame_akhir] -a
  4. berikut adalah perintah yang saya gunakan untuk merender file blender yang sama pada percobaan pertama: blender.exe -b D:\data\IBC_Animation_Team\Fokus_Project_05042013\Animation_Fokus_internal_ed.blend -o C:\tmp\fokus\ -s 1 -e 1 -a


    perintah yang harus dimasukkan


    hasil pada CLI
Lihat selisih waktunya:
Render GUI - Render CLI = 2 menit, 1.93 detik - 1 menit, 54.96 detik = 6.97 detik

Untuk percobaan 1 frame saja memang tidak terlalu jauh perbedaan waktunya, namun untuk jumlah frame yang banyak, render via CLI ini cukup membantu agar pekerjaan lebih cepat selesai.

Sekian yang dapat saya share tentang Rendering Blender via Command Line Interface di Windows. Semoga apa yang saya tuliskan disini dapat bermanfaat. Akhir kata, terima kasih dan ...

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

11 comments:

  1. maaf kang and, mau tanya dong, kenapa pada blender saya ko ga mau nge-render ya ? padahal saya cuma buat gelas saja..

    mohon pecerahannya kang, ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah masa gabisa render, kameranya ada? cahayanya ada?

      coba kirim filenya, nanti saya benerin kalo emang masih ga bisa (andictym0309@gmail.com)

      Delete
    2. sekarang sudah bisa ko kang andi, setelah saya coba coba terus menerus, ternyata permasalahannya pas di add modifier-subdivision pada render dan image-nya ga boleh lebih dari 4, laptop saya jadi deadlock.. hehehe.. ^^

      oh iya, terima kasih ya kang andi atas informasinya... ^^

      Delete
    3. oh begitu ternyata..hehe

      untuk modifier subsurf gitu kalo emang objeknya mau dihalusin bgt pas di viewnya kecil aja biar ga berat..

      sama2 masse :)

      Delete
  2. oh iya kang, saya mau tanya lagi dong.. :D
    caranya membuat texture tembok, lantai dan bola basket bagaimana ya kang ? masuk di Material atau di Physics ? hehehe.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk membuat texture cukup tambahkan Material, lalu di samping icon material kan ada texture, nah tambahkan juga texture, texturnya bisa dari gambar jpeg/png juga. Jadi cukup cari gambar yang diinginkan lalu terapkan ke objek.

      Kalo Physics sendiri itu untuk simulasi seperti air, kain, angin, asap, api, dll.

      Delete
    2. oke kang sudah bisa, terima kasih ya buat pencerahannya.. ^^

      Delete
  3. file saya ga bisa di render nih....
    saat menklik render/F12 ada tulisan no render output scene
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pernah temui masalah kayak gitu, saya waktu itu ga ada kameranya. Jadi ga bisa render.

      Semoga jawaban ini membantu.

      Terima kasih :)

      Delete
    2. Mas andi, file saya juga gk bisa dirender. Gak tau karna apa. Ketika menekan F12 ada tulisan "x squence render" di atas cuma sekilas kemudian hilang dan gk berjalan.

      Delete
    3. dzaki sn: coba cek apa sudah ada kamera pada lembar kerjanya?

      Delete

Harry Potter - Golden Snitch Angry Birds -  Red Bird