Postingan kali ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya, masih berkutat pada program praktikum ketiga (17 Oktober 2009), jika postingan sebelumnya membahas tentang kondisi percabangan menggunkan if-else, postingan ini membahas tentang kondisi percabangan menggunakan switch-case pada java.
Sebagai berikut kronologinya.hehe :)
Ini coding programnya:
public class FileSwitchAndi {
public static void main(String[] args){
int a;
a=7;
switch (a) {
case 1: System.out.println("Hobi"); break;
case 2: System.out.println("saya adalah"); break;
case 3: System.out.println("berenang"); break;
case 4: System.out.println("menyanyi"); break;
case 5: System.out.println("menullis"); break;
case 6: System.out.println("jalan-jalan"); break;
case 8: System.out.println("bermain sepakbola");
case 9: System.out.println("bermain badminton");break;
case 10: System.out.println("melukis");break;
default: System.out.println("Tidak ada dalam daftar");break;
}
}
}
Output programnya:
Logika programnya:
Percabangan switch itu sendiri dimaksudkan untuk menangani banyak kemungkinan kemunculan. Percabangan switch mengevaluasi dan membandingkan ekspresi untuk semua pernyataan case dan mengendalikan eksekusi program ke pernyataan case yang cocok. Jika tidak ada konstanta case yang cocok dengan ekspresi maka program menuju ke default, jika kita memberikan pernyataan ini.
Dalam percabangan ini (switch) diletakkan sebelum pernyataan fungsi umum. Jika tidak demikian, maka program yang kita buat tidak akan dapat dieksekusi (dijalankan) atau error semantik.
Pernyataan break adalah pilihan (optional) karena terdapat perintah untuk mengeksekusi beberapa case sekaligus. Jika kita tidak memberikan break, maka eksekusi program akan terus ke pernyataan case berikutnya.
Seperti :
.....
int a;
a=7;
switch (a) {
case 1: System.out.println("Hobi"); break;
.....
case 7: System.out.println("menggambar");
case 8: System.out.println("bermain sepakbola");
case 9: System.out.println("bermain badminton");break;
.....
Maka output yang akan tampil adalah menggambar dan bermain sepakbola, karena pada pernyataan switch (a) {, berarti kita menginstruksikan program untuk mengeksekusi data integer a dan integer a itu sendiri berisikan data ke-7. Jadi, kita memerintahkan program untuk mengeksekusi mulai dari case ke-7 hingga menemukan pernyataan break.
Setelah selesai sampai pada langkah terakhir, jangan lupa save listing program yang telah dibuat. Karena java bersifat case sensitive, maka penulisan nama kelas dan nama filenya harus kita perhatikan dengan teliti, apakah sama atau tidak. Jika nama kelas dengan nama file yang kita buat tidak sama, maka program yang kita buat tidak akan bisa dieksekusi (dijalankan).
Seperti : Jika nama kelas yang kita buat bernamakan FileSwitchAndi, maka pada menu save as kita harus mengetikken nama filenya adalah FileSwitchAndi.java
Selanjutnya untuk mengeksekusi project yang telah dibuat dengan program Eclipse, langkahnya adalah hanya tinggal memilih tools Run (pastikan project yang kita buat telah di save terlebih dahulu), maka pada bagian bawah lembar kerja kita akan muncul tampilan :
menggambar
bermain sepakbola
bermain badminton
Jika ingin mengeksekusi program yang telah dibuat dengan Command Prompt, langkah pertamanya, kita harus mengcompile file program yang telah kita buat sebelumnya dengan menggunakan perintah javac Nama File.java
Seperti : javac FileSwitchAndi.java
Setelah file di compile, lalu gunakan perintah java Nama File untuk mengeksekusi program yang telah kita buat.
Seperti : java FileSwitchAndi
dan pada layar Command Prompt akan muncul tampilan :
menggambar
bermain sepakbola
bermain badminton
Sekian penjelasan yang singkat ini, semoga ada manfaatnya. Akhir kata terima kasih dan ...
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
No comments:
Post a Comment