Sunday 8 January 2012

Kesimpulan dan Rangkuman Desain Pemodelan Grafik

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Postingan kali ini agak sedikit berbeda dengan postingan sebelumnya yang berbau dengan praktikum, untuk postingan kali ini saya akan membuat kesimpulan dan juga rangkuman dari tugas mata kuliah Desain Pemodelan Grafik (*softskill).

Tugas DPG minggu pertama ( DPG11 | DPG12 )
Rangkuman dari postingan tersebut, yaitu Desain Pemodelan Grafik merupakan suatu proses pembuatan (perancangan) suatu benda atau objek secara digital dengan bantuan software pengolah gambar (grafis) untuk menghasilkan sesuatu yang lebih menarik dan juga bermanfaat. Gambar vektor merupakan gambar yang dibuat atau terbentuk dari kombinasi garis, sedangkan gambar bitmap merupakan gambar hasil foto, baik itu dari hasil scan, kamera digital ataupun media sejenisnya



Tugas DPG minggu keduaDPG21DPG22DPG23 )
Rangkuman dari postingan tersebut, yaitu Desain Pemodelan Grafik berperan penting dalam bidang budaya, salahsatu peranan Desain Pemodelan Grafik adalah untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia. Desain Pemodelan Grafik juga berperan penting dalam IMK (Interaksi Manusia dan Komputer), peranan Desain Pemodelan Grafik dalam IMK terlihat pada menu, icon, kotak dialog, dan kotak isian (formulir) yang didesain sedemikian rupa sehingga memudahkan user yang terbilang awam dapat memahami maksudnya.


Tugas DPG minggu ketigaDPG31DPG32 )
Rangkuman dari postingan tersebut, yaitu blender merupakan salah satu program aplikasi open source / gratis yang digunakan untuk membuat model ataupun animasi 3 dimensi (3D). Sedangkan Etoys merupakan salah satu program aplikasi open source / gratis yang tujuannya untuk edukasi. Target utama dari pembuatan program Etoys ini sendiri adalah untuk anak-anak usia 1 tahun hingga 18 tahun (karena pas kita save terdapat form isian untuk target usia dari animasi yang kita buat).

Kesimpulan untuk mata kuliah softskill semester ini yang bekesempatan mempelajari tentang “Desain Pemodelan Grafik”, saya memperoleh banyak pengetahuan baru baik teori maupun penerapan Desain Pemodelan Grafik itu sendiri. Misalnya untuk membuat tugas minggu ketiga, awalnya saya tidak mengerti bagaimana menggunakan tools yang ada pada software blender, namun ketika saya mencobanya dan karena memang ada praktikumnya akhirnya saya berhasil membuat suatu objek, dan kini saya malah tertarik dan berniat mendalami all about blender.

Mungkin ini-lah rangkuman dan kesimpulan yang dapat saya paparkan dari tugas mata kuliah Desain Pemodelan Grafik dari tugas pertama, kedua dan ketiga. Semoga dari yang sederhana ini dapat memberikan manfaat yang banyak. *aamiin

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

No comments:

Post a Comment

Harry Potter - Golden Snitch Angry Birds -  Red Bird