Friday 30 December 2011

Jum'at ini Super Sekali

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahi rabbil 'alamiin.. Alhamdulillahi rabbil 'alamiin.. Alhamdulillahi rabbil 'alamiin..
Tak henti-hentinya saya bersyukur dan berterima kasih pada-Mu Ya Allah, karena Engkau telah menjawab permintaan hamba.. Subhanallah.. Akhirnya Saya LULUS Sidang PKB Euy !

Beberapa hari menjelang sidang PKB (Pengantar Kecerdasan Buatan)
Saya membayangkan betapa seramnya sidang itu, dengan kabar angin yang saya dengar dari teman-teman saya yang sudah lebih dahulu sidang. Katanya hati-hati lah, apa lah, pokoknya kata-kata itu terus terbayang-bayang disetiap malam dan begitu menyudutkan saya. Hingga sempat terlintas untuk tidak datang ketika sidang dengan alasan sakit atau apa lah gitu, tapi saya ingat kata orangtua "jangan menyerah sebelum berperang". Lalu saya selipkan do'a dan permohonan saya agar Allah membantu saya dan memberikan kemudahan dan kelancaran untuk sidang saya.

Malam sebelum tiba hari H sidang PKB.

Saya sempat membuat postingan yang berjudul "Nasib Sidang Praktikum Jum'at Besok". Saya tak henti-hentinya memberi sugesti yang positif kepada sistem syaraf otak saya agar otak saya fresh ketika sidang dan agar saya tidak memikirkan hal yang aneh-aneh tentang sidang itu.

Hari-H pun telah tiba.
Jeng jeng *suara piano di film-film horror gitu*
Jum'at, 30 Desember 2011 telah tiba, artinya siap tidak siap saya harus siap.

Di depan lab detik-detik menjelang sidang.
Saya sumpah panik banget banget sampai-sampai tangan saya bergetar gitu *emang udah gitu darisananya juga sih*. Lembar demi lembar slide saya baca, namun tidak ada satupun yang membekas di otak.

Tiba lah giliran saya sidang.
Teman saya (sebut saja Chaidir) telah selesai dan pengujinya kosong, itu artinya saya kebagian jatah di uji oleh penguji yang itu (saya berfikir akan menjadi sidang yang berabad-abad sepertinya, pasalnya penguji itu sebelumnya menguji temannya teman saya hingga 2 jam dan 2 kali praktikan itu mengulang sidang, habis lah saya T.T ). Saya pun masuk lab dengan perlahan, lalu teman saya yang lain (sebut saja Fikry) juga telah selesai, dan saya lihat yang menguji Fikry itu pengujinya lebih asik. (kenapa saya bisa bilang asik? karena saya paling gugup ketika berbicara dengan wanita, terlebih itu dalam keadaan sidang), lalu Kakak PJ PKB saya pun menunjuk saya untuk duduk di bangku yang tempat Fikry tadi di uji. (dalam hati saya: Alhamdulillah)

Sidang pun dimulai.
penguji: "Silahkan buka file .ppt -nya dan buka file gamenya"
saya: (cari-cari file di flashdisk)
penguji: "Kenapa? Ada masalah?" (mungkin karena raut wajah saya kelihatan agak bingung mencari filenya)
saya: "Ngga kak!"
penguji: "Yauda buka filenya. Kamu buat game apa?"
saya: (bismillah) "Saya disini akan mempresentasikan game Hit Pillow"
penguji: "Perkenalan dulu dong!"
saya: "Oh iya lupa kak.hehe"
"Perkenalkan nama saya Andi Syuryadinata dari kelas 3IA13."
"Saya disini akan mempresentasikan geme Hit Pillow, jadi game ini itu ......"
penguji: "Sebutkan dong 5 software untuk bahasa pemrograman prolog?"
saya: "Strawberry Prolog, SWI Prolog, ..." (saya lupa, pura-pura berfikir)
penguji: (menjawab sisanya yang belum saya jawab, saya lupa lagi apa tadi yang disebutkan.hehe)
saya: "Oh iya itu kak, saya lupa" alibi
penguji: "Lanjut"
saya: "Game saya ini menggunakan algoritma greedy, karena ...."
penguji: "Kamu yakin game kamu pake algoritma greedy? bukannya brute force atau backtracking? ayo yang mana menurut kamu yang benar? greedy / brute force / backtrack" (pertanyaan ini membuat saya galau, bukan karena saya tidak paham tapi karena memang awalnya saya ingin memilih algoritma itu yang saya ingin tuliskan)
saya: "Backtracking kak"
penguji: "Salah, kamu udah bener tadi greedy"
saya: heuhhhh
penguji: "Coba kamu mainkan gamenya, tunjukkin goal statenya"
saya: (saya pun memainkan gamenya dan permintaan penguji telah terpenuhi, yaitu tampilkan kondisi menang dan draw)


.......... beberapa menit pun berlalu untuk mencoba game ..........


penguji: "Ini gamenya ditujukan untuk pengguna usia berapa aja?"
saya: "Semua usia kak, karena cara mainnya mudah hanya dengan menekan tombol atas bawah kanan kiri"
penguji: "Berarti bayi juga bisa?"
saya: "Ya ngga gitu juga kak, mulai dari SD sampai seterusnya"
penguji: "Ini gamenya kenapa kamu buat durasinya cuma 30 detik? Kamu tau bagaimana respon masyarakat terhadap game yang durasinya hanya sebentar? Bandingkan dengan PB, PB kan punya durasi waktunya gak sebentar jadi banyak orang yang memainkannya dan terus memainkannya. Kalo game yang durasinya hanya sebentar setelah memainkan game itu maka?"
saya: "langsung meninggalkannya"
penguji: "Kamu suka mein game apa?"
saya: "Saya ga suka main game kak"
penguji: "Kamu hobinya apa?"
saya: "Olahraga kak"
penguji: "Olahraga apa?"
saya: "Futsal, Sepakbola dan Badminton kak"
penguji: "Kalo kamu suka bola berarti kamu tau dong warna bendera negara Jerman apa?"
saya: (berfikir sejenak)
"Hitam"  "Merah"  "Kuning"
"Nah, hitam merah kuning kak"
penguji: "Yakin kamu? Hitam merah kuning apa hitam kuning merah?"
saya: "Yakin kak, hitam merah kuning. Ga mungkin dong saya kejebak sampai dua kali.hehe"
penguji: "Yapp bener!"
"Coba dong game kamu ganti backgroundnya"
saya: (saya pun mengedit backgroundnya menggunakan paint, karena di laptop teman saya (sebut saja Kimun) tidak ada photoshop/GIMP nya. Dan saya berhasil mengganti backgroundnya)
penguji: "Negara yang kamu suka sepakbolanya apa?"
saya: "Argentina kak"
penguji: "Nah sekarang coba kamu warnain gulingnya yang punya si kurus pakai warna bendera Argentina dan si gendut pakai warna bendera Jerman."
saya: "Wah kakak yang bener aja, warna bendera Argentina kan garis-garis gitu, susah dong kak"
penguji: "Yauda yang lain deh"
saya: "Italia kak"
penguji: "Yauda"
saya: (saya pun mengedit warna gulingnya menggunakan paint, sesuai permintaan penguji)


Tiba-tiba Kimun menghampiri saya untuk mengambil file project miliknya, otomatis sidang saya break sejenak.hehe


Kimun: "Sebentar ya, mau ngambil file projectnya dulu, tadi ke apus semua pas colok flashdisk di warnet"
(entah sengaja atau tidak di depan penguji dia bilang) "Dia jago nih kak photoshopnya"
penguji: "Nah berarti bisa dong nanti karakternya dikasih shadow" sambil menunjukkan bagian yang diminta untuk diberi efek shadow
"Ini semuanya ya pas dimainin juga ada efek shadow jadinya"
saya: (dalam hati: mati sajalah saya)
Kimun: "Kayaknya di laptopnya ga ada photoshopnya deh" (dalam hati saya: Alhamdulillah, semoga saja beneran ga ada)


Setelah selesai mengambil data, Kimun pun segera menuju tempat duduknya untuk sidang dengan penguji yang lain.


saya: (mencari aplikasi photoshop di laptop Kimun, dan benar saja di laptopnya tidak ada)
penguji: "Beruntung kamu, photoshopnya ga ada"
"Sidangnya mau dilanjutin apa udah cukup?"
saya: "Udah cukup kak"
penguji: "Nih nilai kamu"
saya: "Alhamdulillah"
penguji: "Kartu praktikum kamu mana?"
saya: "Sebentar kak saya ambil di tas"

Manual Booknya pun diberi cap dan ditandatangani sebagai bukti kalau saya sudah sidang.
Dan akhirnya saya LULUS sidang PKB euy !
Sungguh leganyaaaaaaa, satu beban di pundak telah terlepas.
Terima Kasih banyak Ya Allah, angan-angan saya untuk mendapatkan penguji yang asik telah tercapai.
Terima Kasih kakak PJ PKB (inisial RMJ) dan Penguji (inisial AB)
Momen sidang tadi sore itu telah membekas di ingatan saya dan tidak akan pernah saya lupakan.
Jum'at yang super sekali.

Sekian dulu ya curcolnya, lain kali jika ada momen menarik lainnya insyaAllah saya tulis.hehe (kayak ada yang baca aja postingan di blognya)

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

No comments:

Post a Comment

Harry Potter - Golden Snitch Angry Birds -  Red Bird