Wednesday 28 December 2011

Memberi Label Pada Objek di Blender

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Postingan kali ini tidak beda jauh dengan postingan sebelumnya "pisang di blender". Postingan ini merupakan Laporan Akhir Praktikum kelanjutan dari yang membuat pisang. Nah, langsung saja ke TeKaPe !


Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memberikan texture pada blender. Texture itu sendiri digunakan untuk memberikan efek warna pada objek.


Cekidot :p


Disini saya akan memberikan (menempelkan) label pada objek berupa kaleng.
Saya menggunakan software Blender 2.60 dalam pengerjaannya.
  • Disini saya telah membuat objek berupa kaleng, seperti:



  • Sekarang kita akan memberikan label berupa gambar. Seperti berikut gambar yang saya akan jadikan labelnya:
sumber gambar: http://www.lactivist.net/wp-content/uploads/2010/12/cow_sticker_A7_lactivist.jpg

  • Kita mulai dengan membagi lembar kerja menjadi 2 dengan cara split area. Setelah kita bagi menjadi 2 lembar kerja, biarkan lembar kerja pertama berada dalam kondisi edit mode, sedangkan lembar kerja kedua ganti dari yang semula berupa 3D view menjadi UV/Image Editor. 







  • Sekarang kita bekerja pada lembar kerja UV/Image Editor. Terdapat menu pilihan view dan image, pada menu image pilih open image lalu pilih gambar yang akan kita jadikan sebagai label
  • Setelah kita pilih image, lalu kita klik unwrap ( E ), tujuannya adalah menampilkan bagian kaleng yang akan kita berikan label, maka pada lembar kerja akan terlihat seperti:

  •  Langkah selanjutnya adalah pindahkan lembar kerja 1 dari yang awalnya berada dalam kondisi edit mode, ganti menjadi texture paint, maka akan terlihat seperti:

  • Dan hasil akhirnya menjadi seperti:

  • Tekan F12 pada keyboard untuk merender objek yang telah kita buat. 
  • Dengan demikian, maka kita telah selesai memberikan label pada kaleng.
Mungkin kali ini cukup sekian, jika ada kesempatan insyaAllah akan saya share lagi project yang lainnya. Maaf apabila masih terdapat banyak kekurangan, hal ini dikarenakan saya belum begitu mengenal tools yang ada pada blender itu sendiri, karena saya juga baru menggunakan software ini satu bulan yang lalu. Semoga postingan yang sederhana ini bermanfaat bagi kawan blogger. Terima Kasih :)

Jika kawan bloggers butuh referensi file.blend nya dapat komen atau contact saya. *jaga-jaga aja, takut asal copas lalu posting diblognya


Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

referensi: "tutorial-kaleng-joget-final" http://blenderindonesia.org/ dan juga LA Praktikum Grafik Komputer Universitas Gunadarma

3 comments:

  1. serem oponeee sih bang? masih balum sejago abang saya mah, mohon bimbingannya ya kakakkk..hehe

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Harry Potter - Golden Snitch Angry Birds -  Red Bird