Monday 5 November 2012

Kenangan Masa Kecil: "Mainan Adu Biji Karet"

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hmmm bingung nih tugas banyak bener, mau dicicil kerjain satu-satu tapi saya belum begitu ngerti, walhasil begitu searching-searching dan baca-baca materinya hingga timbul rasa bosan karena tak kunjung ngerti. Huffft

Hingga terfikir salah satu mainan saya pas zaman dulu saya masih SD, yaitu adu biji karet. Mungkin ada kawan yang suka dan pernah main adu biji karet juga? Awalnya gini nih, dulu pas zaman SD kan mainannya musim-musiman gitu kadang musim ini ikut mainin ini, dan kadang musim itu ikut main itu. Terus aja tuh ngga ada ujungnya.

Awal saya mengenal mainan semacam ini itu pas ngeliat temen mainin, lalu saya tanya “main apa sih itu pada?”, salah satu teman saya membeberkan dan usut punya usut nama permainan itu “adu biji karet”. Salah satu istilah dalam permainan tersebut yang masih saya ingat itu kalo ngga salah “cilongan” itu istilah yang dipakai buat manggil si jagoan yang diadu ngga pecah-pecah. Si cilongan ini biasanya lebih kekar posturnya, lebih padat berisi, ada urat-uratnya juga, mengkilap dan menarik deh pokoknya. 

Saya main biji karet awalnya beli di abang-abang yang jualan mainan gitu hingga pada akhirnya saya dan teman-teman rumah berkelana dan menemukan hutan karet yang ada di seberang komplek pertanian. Kebetulan komplek pertanian itu tidak begitu jauh dari rumah saya . Ketika melihat biji karet yang berserakan sontak hati ini sangat girang, bak menemukan harta karun, yaiya lah biasanya kan beli nah ini tinggal mungutin aja.

Nah cara mainnya tuh begini: 
1. Terdiri dari 2 pemain, biasanya tiap pemain memiliki lebih dari 1 biji karet untuk diadu.
2. Yang berhak pukul lebih dulu itu yang jalan duluan, caranya dengan meletakkan biji karet si musuh di lantai (biasanya sih tanah, soalnya kalo di ubin pas dipukul suka mental), nah biji karet yang mendapat giliran lebih dulu itu meletakkan biji karetnya di atas biji karet si musuh, lalu memukulnya dengan telapak tangan (kalo di latihan ilmu bela diri itu mirip pecahin batu bata pakai tangan gitu posisi tangannya).
3. Nah yang berhasil memecahkan / menghancurkan lawan itu poinnya nambah 1.

Berbagai macam trik digunakan, malah ya ada yang biji karetnya diisi pakai semen. Jelas lebih kuat lah, namun jika ketahuan ya biji karet yang bersangkutan langsung di blacklist.haha

Namun sayang, sekarang hutan karet itu sudah tidak ada lagi, sudah tinggal kenangan, sekarang sudah jadi tanah kosong. Kalo ada statement, “zaman kanak-kanak itu zaman yang paling menyenangkan”. Saya jawab, “ya” terlebih lagi dizaman saya itu, ketika masih membudaya permainan tradisionalnya dan belum begitu mengenal teknologi.  Sekarang semua permainan tradisional tergantikan dengan game online.

Ini salah satu cerita saya ketika kecil, masih banyak cerita lainnya. Ingin saya menuangkannya semua disini, bukan untuk dilihat banyak orang bukan untuk eksis melainkan untuk mengembalikan kenangan indah itu semisal saya sudah tua nanti dan lupa dengan hal tersebut. 

Terima kasih buat yang bersedia meluangkan waktunya untuk membaca cerita ngga jelas ini.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

2 comments:

  1. wah ternyata ada juga permainan ini di daerah lain (bukan daerah tempat tinggal saya). Kalau di tempat saya nama permainannya "bapidak". Ya itu, adu biji karet.

    Dan bener, ada yang pake trik-trik tertentu dan bermain curang seperti yang ditulis di sini. Oh ya, salam kenal. Saya juga menulis ini di blog saya, dan juga tentang cara membuat mainan tradisional "cangkirik" dan biji karet. Baca di sini http://novehasanah.blogspot.com/2014/03/cara-membuat-mainan-tradisional-cangkirik.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, itu salah satu bukti kalo negara kita ini adalah negara yg kaya ya.

      Terima kasih sudah mampir2 ke blog saya dan berbagi.

      Delete

Harry Potter - Golden Snitch Angry Birds -  Red Bird