Thursday 1 November 2012

Tutorial Install Ruby on Rails

Assalamu'alaikum warahlatullahi wabarakatuh

Hey kawan blogger, saya datang membawa kabar gembira nih. Mau tau ga? Mau tau kabar gembiranya ga? Saya berhasil install Ruby On Rail lhoooo ! -__-" (penonton ekspresinya flat)

Fiuhhh! Selesai ah basa-basinya, langsung ke topik utamanya aja.

Jadi saya bikin postingan ini tuh ceritanya mau berbagi sama teman-teman yang mau install Ruby on Rails. Saya sendiri pas installnya itu ngga langsung berhasil, ada kali tuuh berapa kali install uninstall..haha #harapmaklum


Sebelum mulai install, siapkan beberapa barang berikut:
1. Air, lha ko air?
iya nanti buat dinginin kepala disaat ada komponen yang kurang pas install jadi ngga usah jauh2 ke kamar mandi dulu buat ngebanjur.hehe
2. Palu atau alat lain yang bisa buat getok, lha kok? buat apa?
nah alat ini nanti kalo kesel gagal mulu tinggal getok aja PC atau laptopnya.hehe
NB: dua kata-kata di atas sebaiknya diabaikan saja karena ngga penting

OK! Start!
Nih tahapan yang harus kawan lakukan untuk menginstall Ruby on Rails. Cekidot:

  1. Baca do'a dulu, bismillah jangan lupa. OK
  2. Download file railsinstaller-2.1.0.exe nya [download]
  3. Setelah di download, langsung saja di install, tinggal next next aja lalu OK (ngga usah diutak-atik)
  4. Kalo udah install nanti pas klik tombol Finish, tunggu sebentar nanti ada CMD yang bakalan muncul.
  5. Isi dengan nama kawan dan alamat email kawan.
  6. Nah kalo udah kita mulai sedikit masukkin perintah-perintah nih. Sebelum lanjut, pastiin kawan berada di folder Sites. C:\ Sites>
  7. Masukkan perintah: rails new railsinstaller_demo 
  8. Tunggu sampai proses instalasi selesai. OK :)      
  9. Jika sudah selesai prosesnya, lanjut ke proses berikutnya. Masukkan perintah: cd railsinstaller_demo
  10. Jika sudah, masukkan perintah: rails s
  11. Jika ada file gem yang masih kurang, bisa dicari di http://rubygems.org/gems
  12. Jika sudah, coba buka http://localhost:3000/ maka akan muncul tampilan seperti: 
  13. Saatnya bilang, "jama'ah ooo jama'ah.. Alhamdulillah"
Mudah-mudahan apa yang saya tulis disini dapat bermanfaat buat kawan yang kebetulan membutuhkannya. Apabila ada pertanyaan silahkan layangkan ke kontak saya, selama saya mampu menjawabnya, insyaAllah akan saya jawab dan bantu. Oia jangan lupa komen dulu sebelum tutup page ini ya, "Tiada kesan tanpa kehadiran komentarmu." Sekian dari saya, akhir kata terima kasih dan ...

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

referensi:

3 comments:

  1. sayangnya kalo pake ruby ini agak ribet untuk membuat sebuah web dengan webserv nya ini . karena harus On trus Cmd nya . kalo di modarin cmd nya . tiwas juga di browser nya ....... -_- , sendagkan CI (code igniter) ajah belom pada waras .. betul nda mas ?

    ReplyDelete

Harry Potter - Golden Snitch Angry Birds -  Red Bird