Monday 21 November 2011

Membuat Bangun Datar Dengan OpenGL (Dev-C++)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya lagi demen-demennya nih sama openGL (*maklum baru ngerti dikit-dikit. hehe), jadi postingan ini masih terkait sama openGL pada Dev-C++. Kali ini saya akan berbagi coding untuk "Membuat Bangun Datar Dengan OpenGL (Dev-C++)", barangkali kawan-kawan lebih mahir dari saya, jadi harap maklum aja ya kalo codingannya terkesan berantakan. hehe

cekidot :)

Coding "Membuat Bangun Datar Dengan OpenGL (Dev-C++)"
========================================================================
#include <GL/glut.h>
#include <stdlib.h>
#define drawOneLine(x1,y1,x2,y2)  glBegin(GL_LINES);  \
   glVertex2f ((x1),(y1)); glVertex2f ((x2),(y2)); glEnd();

void buat(void)
{
   glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
   glBegin (GL_LINES);
   /*garis pembatas*/
       glColor3f (1.0, 1.0, 1.0); /*putih*/
       drawOneLine (0.0, 250.0, 500.0, 250.0);
       drawOneLine (250.0, 0.0, 250.0, 500.0);

   /*membuat persegi*/

       glColor3f (1.0, 1.0, 0.0); /*kuning*/
       drawOneLine (50.0, 50.0, 200.0, 50.0);
       drawOneLine (50.0, 50.0, 50.0, 200.0);
       drawOneLine (50.0, 200.0, 200.0, 200.0);
       drawOneLine (200.0, 200.0, 200.0, 50.0);

   /*membuat segitiga*/
       glColor3f (0.0, 1.0, 1.0); /*biru langit*/
       drawOneLine (300.0, 50.0, 450.0, 50.0);
       drawOneLine (300.0, 50.0, 375.0, 200.0);
       drawOneLine (450.0, 50.0, 375.0, 200.0);

   /*membuat segienam*/
       glColor3f (1.0, 0.0, 1.0); /*ungu*/
       drawOneLine (325.0, 300.0, 425.0, 300.0);
       drawOneLine (325.0, 450.0, 425.0, 450.0);
       drawOneLine (325.0, 300.0, 275.0, 375.0);
       drawOneLine (325.0, 450.0, 275.0, 375.0);
       drawOneLine (425.0, 450.0, 475.0, 375.0);
       drawOneLine (425.0, 300.0, 475.0, 375.0);

   /*membuat bintang*/
       glColor3f (0.5, 0.5, 0.5); /*abu-abu*/
       drawOneLine (50.0, 400.0, 200.0, 400.0);
       drawOneLine (125.0, 450.0, 75.0, 300.0);
       drawOneLine (125.0, 450.0, 175.0, 300.0);
       drawOneLine (200.0, 400.0, 75.0, 300.0);
       drawOneLine (50.0, 400.0, 175.0, 300.0);
   glEnd();
   glFlush ();
}

void ayey (int w, int h)
{
   gluOrtho2D (0.0, (GLdouble) w, 0.0, (GLdouble) h);
}

int main(int argc, char** argv)
{
   glutInit(&argc, argv);
   glutInitWindowSize (500, 500); 
   glutCreateWindow ("kombinasi garis (buatan andi)");
   glutDisplayFunc(buat); 
   glutReshapeFunc(ayey);
   glutMainLoop();
   return 0;
}

========================================================================


Output dari Coding "Membuat Bangun Datar Dengan OpenGL (Dev-C++)"

========================================================================

Nah, bagaimana? Bagus bukan? *bukaaaaaaaaaaaan.. hehe
Mungkin ini yang dapat saya share kepada kakak-kakak dan adik-adik, nanti kalau saya berhasil membuat sesuatu dari sesuatu insyaAllah saya posting lagi. Kalo ada pertanyaan mengenai sesuatu bisa dilayangkan langsung ke email saya atau comment aja, insyaAllah jawabannya langsung dari saya. hehe #so tau banget

Sekian dan Terima Kasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

6 comments:

  1. Kita juga mempunyai jurnal mengenai OpenGL, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya:
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3308/1/Teknik%20Cube%20Mapping%20.pdf
    Semoga bermanfaat ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir-mampir ke blog ini dan berkomentar. Jurnalnya manteb tuh :)

      Delete
  2. wah makasih,,. sukses buat skripsinya bang yah hehehe:D

    ReplyDelete
  3. Terimakasih ilmunya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Harry Potter - Golden Snitch Angry Birds -  Red Bird