Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Hallo kawan blogger! Gini nih kalo saya lagi
getol-getolnya ngetik, seakan jari jemari enggan beranjak dari tuts
keyboard..hehe lebay
Langsung saja saya menuju ke materi bahasan. Masih dengan
topik “Pengantar Teknologi Game”, jika pada postingan sebelumnya saya telah
menjelaskan pengertian game, pada kesempatan ini saya akan menjelaskan beberapa
elemen yang terdapat dalam game. Sebenarnya bukan saya juga sih yang
menjelaskan, saya hanya me-rewrite dari sumber yang saya jadikan sebagai acuan.
Seorang
perancang game yang bernama Chris Crawford (1982) menyimpulkan beberapa elemen yang
terdapat dalam game adalah sebagai
berikut:
-
Conflict
Muncul
secara alami dari interaksi didalam game
dimana pemain secara aktif mengejar beberapa tujuan. Rintangan mencegah pemain
dalam mencapai tujuan dengan mudah. Apabila rintangan secara aktif atau dinamis
dibuat untuk merespon pemain, tantangan tersebut adalah game, sehingga rintangan atau penghalang ini memerlukan
kecerdasan untuk menghalangi pemain mencapai tujuan.
-
Interaction
Media
seperti lukisan merepresentasikan realitas secara statis, beberapa media
seperti film, musik dan tarian dengan dinamis memperlihatkan perubahan seiring
waktu. Yang menarik dari realitas adalah bagaimana hal tersebut berubah, dalam
sebuah webwork yang rumit dengan
sebab dan akibat dimana segala sesuatu terikat satu sama lain. Cara paling
tepat untuk menjelaskan webwork
ini adalah dengan membiarkan pengguna untuk menjelajah setiap celah dalam web dan membiarkan pengguna mengamati
efek dari penjelajahan mereka.
- Representation
Game adalah sistem formal yang tertutup secara subyektif
menggambarkan bagian dari kenyataan, dikatakan tertutup karena game memiliki kelengkapan struktur
yang mandiri. Sebuah game menciptakan
representasi subjektif dan sengaja disederhanakan dari realitas emosional. Game bukan sebuah representasi yang
akurat dari realitas objektif, akurasi objektif hanya diperlukan untuk
mendukung fantasi pemain. Fantasi pemain merupakan kunci utama dalam membuat game secara psikologis terasa nyata.
-
Safety
Conflict menyiratkan bahaya, bahaya berarti resiko menyakitkan yang
tidak diinginkan. Karena itu, game
adalah cara cerdas yang menyediakan pengalaman psikologis dari conflict dan bahaya yang tidak
mempengaruhi fisik pemain.
Keempat elemen tersebut mengisyaratkan bahwa untuk
membuat game yang “bagus dan menarik” harus melalui beberapa perencanaan yang
matang dan dilengkapi dengan kecerdasan buatan yang dimiliki game agar pemain
merasa tertantang dan tidak bosan untuk memainkan game tersebut. Karena semakin
mudah dan cepat game dapat ditamatkan, maka semakin cepat pula game tersebut
akan ditinggalkan oleh pemainnya, begitu pun sebaliknya.
Sekian
pembahasan tentang elemen dalam game yang dapat saya paparkan pada kesempatan
ini. Semoga dari yang singkat ini terbersit manfaat bagi pembaca postingan di blog
ini. Akhir kata terima kasih dan …
No comments:
Post a Comment