Sunday 22 July 2012

Pengantar Teknologi Game : Elemen dalam Game


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
 
Hallo kawan blogger! Gini nih kalo saya lagi getol-getolnya ngetik, seakan jari jemari enggan beranjak dari tuts keyboard..hehe lebay

Langsung saja saya menuju ke materi bahasan. Masih dengan topik “Pengantar Teknologi Game”, jika pada postingan sebelumnya saya telah menjelaskan pengertian game, pada kesempatan ini saya akan menjelaskan beberapa elemen yang terdapat dalam game. Sebenarnya bukan saya juga sih yang menjelaskan, saya hanya me-rewrite dari sumber yang saya jadikan sebagai acuan.
 

Seorang perancang game yang bernama Chris Crawford (1982) menyimpulkan beberapa elemen yang terdapat dalam game adalah sebagai berikut:
- Conflict
Muncul secara alami dari interaksi didalam game dimana pemain secara aktif mengejar beberapa tujuan. Rintangan mencegah pemain dalam mencapai tujuan dengan mudah. Apabila rintangan secara aktif atau dinamis dibuat untuk merespon pemain, tantangan tersebut adalah game, sehingga rintangan atau penghalang ini memerlukan kecerdasan untuk menghalangi pemain mencapai tujuan.

- Interaction
Media seperti lukisan merepresentasikan realitas secara statis, beberapa media seperti film, musik dan tarian dengan dinamis memperlihatkan perubahan seiring waktu. Yang menarik dari realitas adalah bagaimana hal tersebut berubah, dalam sebuah webwork yang rumit dengan sebab dan akibat dimana segala sesuatu terikat satu sama lain. Cara paling tepat untuk menjelaskan webwork ini adalah dengan membiarkan pengguna untuk menjelajah setiap celah dalam web dan membiarkan pengguna mengamati efek dari penjelajahan mereka.

- Representation
Game adalah sistem formal yang tertutup secara subyektif menggambarkan bagian dari kenyataan, dikatakan tertutup karena game memiliki kelengkapan struktur yang mandiri. Sebuah game menciptakan representasi subjektif dan sengaja disederhanakan dari realitas emosional. Game bukan sebuah representasi yang akurat dari realitas objektif, akurasi objektif hanya diperlukan untuk mendukung fantasi pemain. Fantasi pemain merupakan kunci utama dalam membuat game secara psikologis terasa nyata.

- Safety
Conflict menyiratkan bahaya, bahaya berarti resiko menyakitkan yang tidak diinginkan. Karena itu, game adalah cara cerdas yang menyediakan pengalaman psikologis dari conflict dan bahaya yang tidak mempengaruhi fisik pemain.

Keempat elemen tersebut mengisyaratkan bahwa untuk membuat game yang “bagus dan menarik” harus melalui beberapa perencanaan yang matang dan dilengkapi dengan kecerdasan buatan yang dimiliki game agar pemain merasa tertantang dan tidak bosan untuk memainkan game tersebut. Karena semakin mudah dan cepat game dapat ditamatkan, maka semakin cepat pula game tersebut akan ditinggalkan oleh pemainnya, begitu pun sebaliknya.

Sekian pembahasan tentang elemen dalam game yang dapat saya paparkan pada kesempatan ini. Semoga dari yang singkat ini terbersit manfaat bagi pembaca postingan di blog ini. Akhir kata terima kasih dan …

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh


No comments:

Post a Comment

Harry Potter - Golden Snitch Angry Birds -  Red Bird