Halo halo halo, postingan kali ini saya mencoba kembali membahas apa saja yang saya dapat dari praktikum blender di lab. Postingan ini merupakan Laporan Akhir Praktikum saya lho.hehe #gak nanya
Okay, langsung saja ke TeKaPe !
Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas tentang dasar-dasar pada blender, material pada blender, dan tentang texture pada blender. Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memberikan animasi sederhana pada objek, yang kebetulan pada praktikum kali ini saya berkesempatan untuk mempelajari tentang timeline. Timeline itu sendiri adalah fasilitas yang disediakan oleh blender untuk memberikan animasi (gerakan) pada objek.
Cekidot :p
Disini saya telah memiliki objek berupa robot android
yang telah saya custom.
- Sebelum kita mulai menggerakkan objek, terlebih dahulu kita buat objek yang akan kita gerakkan, disini saya telah membuat objek berupa robot android yang telah saya custom. Objek yang akan saya gerakkan seperti yang terlihat pada gambar di bawah.
- Setelah kita memiliki objek yang akan dianimasikan, pastikan semua objek telah tergabung. Jika objek belum tergabung lakukan join terhadap objek yang akan digabung, hal ini dilakukan agar pada saat digerakkan tidak ada objek yang tertinggal (tidak terbawa) saat objek melakukan perpindahan.
- Langkah selanjutnya adalah mengatur posisi awal dari objek (frame 0).
- Untuk mulai menggerakkannya, langkah awal yang harus kita lakukan adalah memilih frame 0 sebagai posisi awal dari objek tersebut.
- Selanjutnya kita tentukan pergerakan objek dari frame 0 sampai ke frame berapa, disini saya pilih awalnya objek bergerak dari frame 0 sampai frame 40
- Setelah kita tentukan frame awal dan tujuannya, langkah selanjutnya kita aktifkan record (tekan tombol merah) dan juga keyframe (tekan tombol berbentuk kunci).
- Langkah selanjutnya kita pindahkan objek dari posisi awal, ke posisi lain agar terlihat pergerakan dari objek tersebut.
- Jika objek tekah dipindahkan non-aktifkan kembali tombol record dan keyframenya.
- Untuk mengetahui objek yang kita buat telah bergerak atau belum, klik tombol play yang terdapat pada bar timelinenya. Jika pada objek yang kita buat telah terdapat animasi, maka kita telah berhasil membuat animasi terhadap si objek tersebut.
- Selanjutnya kita render animasinya dengan cara menekan ctrl + F12 pada keyboard. Proses rendering membutuhkan sangat bergantung pada spesifikasi VGA computer atau laptop yang kita gunakan, semakin bagus spesifikasi VGA maka semakin bagus pula hasil renderingnya.
- Dengan demikian maka kita telah selesai menggerakkan objek
- Lakukan langkah ke-5, ke-6, ke-7 dan ke-8 jika kita ingin menambahkan gerakan dari objek yang kita buat.
Jika ingin copy-paste postingan ini jangan lupa sertakan link sumbernya. Plagiat = Mencuri = Dosa = Masuk Neraka.. hehe :p
Mungkin kali ini cukup sekian, jika ada kesempatan insyaAllah akan saya share lagi project yang lainnya. Maaf apabila masih terdapat banyak kekurangan, hal ini dikarenakan saya belum begitu mahir menggunakan tools yang ada pada blender itu sendiri. Semoga postingan yang sederhana ini bermanfaat bagi kawan blogger. Terima Kasih :)
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
makasih infonya
ReplyDelete:D lagi nyari2 juga ni
:D
@Kopi Susu: sama-sama gan, senang jika postingan ini bisa membantu :)
Deletesip deh gan...
ReplyDeletesilahkan ane juga punya tentang blender nih 3d modeling.
http://izat17.blogspot.com/
Sipp gan.. Thanks udah mampir & ninggalin jejak..hehe
DeleteMakasih banget nih, dapat ilmu disini
ReplyDeletesama-sama gan.. makasih udah mampir & komen :)
Deletesama-sama gan.. makasih udah mampir & komen :)
ReplyDeleteMakasih gan.
ReplyDeletePostnya Membantu sekali.
sama-sama gan.. makasih udah mampir..
Delete