Assalamu’alaikum
warahmatullahi wabarakatuh
Postingan
kali ini agak sedikit berbeda dengan postingan sebelumnya yang berbau dengan
praktikum, untuk postingan kali ini saya akan membuat kesimpulan dan juga
rangkuman dari tugas mata kuliah Desain Pemodelan Grafik (*softskill).
Rangkuman dari postingan tersebut, yaitu Desain
Pemodelan Grafik merupakan suatu proses pembuatan (perancangan) suatu benda atau
objek secara digital dengan bantuan software pengolah gambar (grafis) untuk
menghasilkan sesuatu yang lebih menarik dan juga bermanfaat. Gambar vektor
merupakan gambar yang dibuat atau terbentuk dari kombinasi garis, sedangkan
gambar bitmap merupakan gambar hasil foto, baik itu dari hasil scan, kamera
digital ataupun media sejenisnya
Tugas DPG minggu kedua ( DPG21 | DPG22 | DPG23 )
Rangkuman dari postingan tersebut, yaitu Desain Pemodelan Grafik berperan penting dalam bidang budaya, salahsatu peranan Desain Pemodelan Grafik adalah untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia. Desain Pemodelan Grafik juga berperan penting dalam IMK (Interaksi Manusia dan Komputer), peranan Desain Pemodelan Grafik dalam IMK terlihat pada menu, icon, kotak dialog, dan kotak isian (formulir) yang didesain sedemikian rupa sehingga memudahkan user yang terbilang awam dapat memahami maksudnya.
Tugas DPG minggu ketiga ( DPG31 | DPG32 )
Rangkuman dari postingan tersebut, yaitu blender merupakan salah satu program aplikasi open source / gratis yang digunakan untuk membuat model ataupun animasi 3 dimensi (3D). Sedangkan Etoys merupakan salah satu program aplikasi open source / gratis yang tujuannya untuk edukasi. Target utama dari pembuatan program Etoys ini sendiri adalah untuk anak-anak usia 1 tahun hingga 18 tahun (karena pas kita save terdapat form isian untuk target usia dari animasi yang kita buat).
Rangkuman dari postingan tersebut, yaitu blender merupakan salah satu program aplikasi open source / gratis yang digunakan untuk membuat model ataupun animasi 3 dimensi (3D). Sedangkan Etoys merupakan salah satu program aplikasi open source / gratis yang tujuannya untuk edukasi. Target utama dari pembuatan program Etoys ini sendiri adalah untuk anak-anak usia 1 tahun hingga 18 tahun (karena pas kita save terdapat form isian untuk target usia dari animasi yang kita buat).
Kesimpulan untuk mata kuliah softskill semester ini yang bekesempatan mempelajari tentang “Desain Pemodelan Grafik”, saya memperoleh banyak pengetahuan baru baik teori maupun penerapan Desain Pemodelan Grafik itu sendiri. Misalnya untuk membuat tugas minggu ketiga, awalnya saya tidak mengerti bagaimana menggunakan tools yang ada pada software blender, namun ketika saya mencobanya dan karena memang ada praktikumnya akhirnya saya berhasil membuat suatu objek, dan kini saya malah tertarik dan berniat mendalami all about blender.
Mungkin ini-lah
rangkuman dan kesimpulan yang dapat saya paparkan dari tugas mata
kuliah Desain Pemodelan Grafik dari tugas pertama, kedua dan ketiga. Semoga dari yang sederhana ini
dapat memberikan manfaat yang banyak. *aamiin
Wassalamu’alaikum
warahmatullahi wabarakatuh
No comments:
Post a Comment