Thursday, 12 January 2012

Membuat Karakter "Mike Wazowski" dengan Blender 2.60

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Postingan kali ini saya mencoba untuk berbagi apa yang saya buat untuk project blender praktikum saya. Pada project ini, saya beserta kelompok mengambil referensi salah satu tokoh yang terdapat dalam film animasi 3D Monster Inc, yaitu Mike Wazowski untuk kami buat model 3D-nya dengan menggunakan blender.

Langsung saja kita terjun ke TKP..hehe

Dalam pembuatan project ini kelompok kami menggunakan blender 2.60 untuk membuat karakter.


Ketika pertama kali kita membuka program blender, maka secara defaultnya terdapat sebuah objek berupa kubus. Dikarenakan untuk membuat karakter Mike Wazowski kami tidak membutuhkan objek kubus, maka objek disini akan kami hapus dengan menekan tombol delete atau bisa juga kita menekan X pada keyboard.

Setelah kita hapus, maka lembar kerja akan kosong. Untuk membuat karakter Mike Wazowski kami menggunakan objek berupa bola (UV Sphere).  Untuk memasukkan objek berupa bola pada blender kami menggunakan cara mengklik Add, lalu pilih Mesh, pilih UV Sphere

Setelah pada lembar kerja terdapat objek berupa bola, langkah selanjutnya kami masuk ke dalam edit mode. Default dari blender adalah object mode, maka dari itu untuk melakukan pengeditan pada objek kami terlebih dahulu msuk ke edit mode.
Setelah masuk ke edit mode, maka objek bola akan terlihat seperti gambar di atas.

Langkah selanjutnya adalah merotasi posisi dari bola tersebut menggunakan cara: pilih objek tampak dari kanan (right), lalu tekan R (rotate) pada keyboard, lalu pada sumbu Y (sumbu yang berwarna hijau) kami putar 900.




Setelah kami rotasi, maka tampilan depan objek menjadi seperti gambar di bawah ini.



Langkah selanjutnya kami memilih (select) separuh bagian dari bola tersebut, caranya dengan menekan tombol B lalu blok bagian yang akan dipilih, setelah itu kami hapus (delete). Jika terdapat pilihan untuk menghapus, pilih delete face.

Setelah bagiannya dihapus, maka akan terlihat seperti gambar di bawah. Langkah selanjutnya kami menambahkan Modifier berupa Mirror. Caranya: pilih icon setting, lalu pada pilihan Add Modifier kita pilih Mirror.

Setelah kami tambahkan modifier mirror, maka bentuk bola akan kembali bulat utuh. Modifier mirror memudahkan kami dalam membentuk karakter, karena apa yang kita lakukan terhadap satu sisi, maka pada sisi yang dicerminkan akan terjadi hal yang sama.

Langkah selanjutnya kami mulai membentuk objek kepala dari Mike Wazowski. Langkah yang kami gunakan disini adalah dengan scale terhadap sumbu X, sumbu Y dan sumbu Z. Setelah kami lakukan scale terhadap sumbu-sumbunya, maka objek bola akan berubah menjadi seperti gambar di bawah.

Langkah selanjutnya kami membuat tangan dari Mike Wazowski dengan cara memilih beberapa titik, lalu kami tekan E pada keyboard (extrude) hingga menyerupai tangan sungguhan. Kami juga menggunakan ctrl+R (Loop Cut and Slide) untuk menambahkan edge pada objek. Jika telah selesai membuat tangan dari karakter, hasilnya akan seperti gambar di bawah.



Langkah selanjutnya kami membuat kaki dari Mike Wazowski dengan cara memilih beberapa titik, caranya tidak berbeda dengan cara sebelumya untuk membuat tangan, yaitu dengan cara menekan E pada keyboard (extrude) hingga menyerupai kaki sungguhan. Kami juga menggunakan ctrl+R (Loop Cut and Slide) untuk menambahkan edge pada objek. 


Jika telah selesai membuat kaki dari karakter, hasilnya akan seperti gambar di bawah.




Langkah selanjutnya kami membuat tanduk dari Mike Wazowski dengan cara memilih beberapa titik, caranya tidak berbeda dengan cara sebelumya untuk membuat tangan dan kaki, yaitu dengan cara menekan E pada keyboard (extrude) hingga menyerupai tanduk sungguhan. Kami juga menggunakan ctrl+R (Loop Cut and Slide) untuk menambahkan edge pada objek.

Jika telah selesai membuat tanduk dari karakter, hasilnya akan seperti gambar di bawah.

Langkah selanjutnya kami membuat lekukan mata dari Mike Wazowski dengan cara memilih beberapa titik, caranya tidak berbeda dengan cara sebelumya untuk membuat tangan, kaki dan tanduk, yaitu dengan cara menekan E pada keyboard (extrude). Pilih beberapa titik lalu extrude dan lakukan juga scale pada bagian sekitar lekukan mata, kami juga menggunakan ctrl+R (Loop Cut and Slide) untuk menambahkan edge pada objek.

Jika telah selesai membuat lekukan mata dari karakter, hasilnya akan seperti gambar di bawah.

Langkah selanjutnya kami membuat mulut dari Mike Wazowski dengan cara memilih beberapa titik, caranya tidak berbeda dengan cara sebelumya untuk membuat tangan, kaki, tanduk dan lekukan mata, yaitu dengan cara menekan E pada keyboard (extrude). Pilih beberapa titik lalu extrude dan lakukan juga scale pada bagian sekitar lekukan mata, kami juga menggunakan ctrl+R (Loop Cut and Slide) untuk menambahkan edge pada objek.

Jika telah selesai membuat mulut dari karakter, hasilnya akan seperti gambar di bawah.

Tambahkan juga gigi untuk memperindah karakter. Caranya dengan mengextrude titik yang akan dibuat sebagai gigi. Kami membuat gigi seperti gambar di bawah.

Setelah  kami membuat tangan, kaki, tanduk, lekukan mata, mulut dan juga gigi, maka hasilnya akan menjadi seperti gambar di bawah.

Langkah selanjutnya setelah melakukan modeling terhadap objek adalah memberikan warna pada objek, dengan menggunakan icon material yang terdapat pada bagian kanan lembar kerja. Berikan juga efek mirror pada warna, agar pada saat di render objek terlihat lebih menarik.

Jika karakter  telah diberi warna, maka hasilnya akan menjadi seperti gambar di bawah ini.



Setelah selesai diberi warna, langkah selanjutnya adalah proses smoothing untuk menghaluskan patahan-patahan objek yang kita buat, agar patahannya terlihat lebih halus dan lebih nyata. Hasilnya akan menjadi seperti gambar dibawah. 

Jika telah selesai membuat badan dari Mike Wazowski, langkah selanjutnya adalah membuat matanya. Caranya tidak berbeda jauh dengan beberapa cara awa, diantaranya:
  • Klik Add, lalu pilih Mesh, dan pilih UV Sphere
  • Rotasi terhadap sumbu Y (sumbu yang diberi warna hijau)
  • Select beberapa titik, misalnya yang seperti terlihat pada gambar (titik tengah). Untuk memberi warna pada daerah-daerah tertentu, kami menambahkan add material, lalu kami pulih warnanya lalu klik Assign

Setelah selesai memberi warna pada mata, langkah selanjutnya adalah proses smoothing untuk menghaluskan patahan-patahan objek yang kita buat, agar patahannya terlihat lebih halus dan lebih nyata. Hasilnya akan menjadi seperti gambar dibawah. 

Langkah selanjutnya adalah menggabungkan badan dengan mata. Caranya kami masuk ke object mode, maka akan terlihat dua buah objek seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

Langkahnya adalah menggeser posisi dari mata agar berada tepat di depan badannya. Lakukan scale terhadap sumbu X dengan menekan S lalu tekan X.

Setelah kami gabungkan, maka hasilnya akan menjadi seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

Langkah selanjutnya kami melakukan pengaturan terhadap kamera dan juga cahayanya. Untuk menambahkan cahaya kami menggunakan cara klik Add, lalu pilih Lamp, pilih jenis cahaya (disini kami menggunakan cahaya jenis point dan spot).




Jika kamera dan cahaya telah diatur, maka pada lembar kerja akan menjadi seperti yang terlihat pada gambar di bawah.






Untuk memperindah tampilan ketika di render, kami menambahkan alas untuk karakter Mike Wazowski. Caranya dengan klik Add, lalu pilih Mesh, pilih Grid.



Alas atau lantainya dapat diberi warna sesuai dengan keinginan. Berikan juga efek mirror pada materialnya, agar pada saat di render terdapat pantulan objek pada lantainya. Jika telah ditambahkan lantainya, maka pada lembar kerja akan menjadi seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

Untuk memperindah tampilan ketika di render, kami menambahkan efek star pada pilihan icon world.

Lakukan pengecekan kembali pada kamera, tujuannya agar pada saat di render semua objek dapat tertangkap oleh kamera.

Langkah terakhir dari pembuatan karakter ini adalah proses rendering. Caranya dengan klik Render, lalu pilih render Image atau bisa juga dengan menekan tombol F12 pada keyboard.

Dan seperti yang terlihat pada gambar di bawah hasil akhir “Membuat Karakter Mike Wazowski dengan Blender 2.60”.

Jika kawan blogger membutuhkan file.blend -nya silahkan download disini [ klik ]

Mungkin hanya ini yang dapat saya share pada kesempatan ini, insyaAllah dilain waktu saya akan berbagi yang lainnya. Semoga postingan ini bermanfaat bagi kawan blogger. Atas segala perhatiannya saya ucapkan Terima Kasih :)

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

12 comments:

  1. Replies
    1. thanks gan, semoga apa yg ada disini bisa membantu :)

      oia kalo mau versi pdfnya bisa di download
      https://www.dropbox.com/s/fnlbfkrtm0voiu0/Tutorial%20Pembuatan%20Karakter%20Monster%20Ijo.pdf

      Delete
  2. Wah thanx berat mas bro,, kebetulan ane juga ada tugas buat mike wazowski.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. samasama bro..
      tapi maap kalo topologinya berantakan, baru belajar waktu itu..

      Delete
  3. terimakasih mas, sangat bermanfaat buat saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas.
      Terima kasih udah mampir dan komen :)

      Delete
  4. Waw Sangat membantu... Perbanyak donk mas tutotialnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya coba bikin tutorialnya, cekcek aja postingan saya yang diberi label blender..

      boleh ko request tutorial, kalo saya mampu nanti insyaAllah saya buatkan..hehe

      Delete
  5. terimakasih mas tutorialnya, ini bisa membantu saya dalam belajar blender.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalau bermanfaat

      terima kasih mas sudah komen dan main2 ke blog saya :)

      Delete
  6. bro ada manual book project akhir lab praktikum grafkom 1 tentang blender ga? kalo ada boleh minta ga? buat contoh aja nih, bingung soalnya :D thnxs

    ReplyDelete

Harry Potter - Golden Snitch Angry Birds -  Red Bird