Postingan kali ini saya mencoba untuk berbagi apa yang saya buat untuk project blender praktikum saya. Pada project ini, saya beserta kelompok mengambil referensi salah
satu tokoh yang terdapat dalam film animasi 3D Monster Inc, yaitu Mike
Wazowski untuk kami buat model 3D-nya dengan menggunakan blender.
Langsung saja kita terjun ke TKP..hehe
Dalam pembuatan project ini kelompok kami menggunakan blender 2.60
untuk membuat karakter.
Ketika pertama kali kita membuka program blender, maka secara defaultnya terdapat sebuah objek berupa
kubus. Dikarenakan untuk membuat karakter Mike Wazowski kami tidak membutuhkan
objek kubus, maka objek disini akan kami hapus dengan menekan tombol delete
atau bisa juga kita menekan X pada keyboard.
Setelah kita hapus, maka lembar kerja akan kosong. Untuk membuat
karakter Mike Wazowski kami menggunakan objek berupa bola (UV Sphere). Untuk memasukkan
objek berupa bola pada blender kami menggunakan cara mengklik Add, lalu pilih
Mesh, pilih UV Sphere
Setelah
pada lembar kerja terdapat objek berupa bola, langkah selanjutnya kami masuk ke
dalam edit mode. Default dari blender adalah object mode, maka dari itu untuk
melakukan pengeditan pada objek kami terlebih dahulu msuk ke edit mode.
Setelah
masuk ke edit mode, maka objek bola akan terlihat seperti gambar di atas.
Langkah
selanjutnya adalah merotasi posisi dari bola tersebut menggunakan cara: pilih
objek tampak dari kanan (right), lalu
tekan R (rotate) pada keyboard, lalu pada sumbu Y (sumbu yang berwarna
hijau) kami putar 900.
Setelah kami rotasi, maka tampilan depan objek menjadi seperti
gambar di bawah ini.
Langkah
selanjutnya kami memilih (select)
separuh bagian dari bola tersebut, caranya dengan menekan tombol B lalu blok bagian yang akan dipilih,
setelah itu kami hapus (delete). Jika
terdapat pilihan untuk menghapus, pilih delete
face.
Setelah
bagiannya dihapus, maka akan terlihat seperti gambar di bawah. Langkah
selanjutnya kami menambahkan Modifier
berupa Mirror. Caranya: pilih icon
setting, lalu pada pilihan Add Modifier kita pilih Mirror.
Setelah kami tambahkan modifier mirror, maka bentuk bola akan
kembali bulat utuh. Modifier mirror memudahkan kami dalam membentuk karakter,
karena apa yang kita lakukan terhadap satu sisi, maka pada sisi yang
dicerminkan akan terjadi hal yang sama.
Langkah selanjutnya kami mulai membentuk objek kepala dari Mike
Wazowski. Langkah yang kami gunakan disini adalah dengan scale terhadap sumbu X, sumbu Y dan sumbu Z. Setelah kami lakukan scale terhadap sumbu-sumbunya, maka
objek bola akan berubah menjadi seperti gambar di bawah.
Langkah selanjutnya kami membuat tangan dari Mike Wazowski dengan
cara memilih beberapa titik, lalu kami tekan E pada keyboard (extrude)
hingga menyerupai tangan sungguhan. Kami juga menggunakan ctrl+R (Loop Cut and Slide) untuk menambahkan
edge pada objek. Jika telah selesai membuat tangan dari karakter, hasilnya akan
seperti gambar di bawah.
Langkah selanjutnya kami membuat kaki dari Mike Wazowski dengan cara memilih beberapa titik, caranya tidak berbeda dengan cara sebelumya untuk membuat tangan, yaitu dengan cara menekan E pada keyboard (extrude) hingga menyerupai kaki sungguhan. Kami juga menggunakan ctrl+R (Loop Cut and Slide) untuk menambahkan edge pada objek.
Jika telah selesai membuat kaki dari karakter, hasilnya akan
seperti gambar di bawah.
Langkah
selanjutnya kami membuat tanduk dari Mike Wazowski dengan cara memilih beberapa
titik, caranya tidak berbeda dengan cara sebelumya untuk membuat tangan dan
kaki, yaitu dengan cara menekan E
pada keyboard (extrude) hingga
menyerupai tanduk sungguhan. Kami juga menggunakan ctrl+R (Loop Cut and Slide) untuk menambahkan edge pada objek.
Langkah selanjutnya kami membuat lekukan mata dari Mike Wazowski
dengan cara memilih beberapa titik, caranya tidak berbeda dengan cara sebelumya
untuk membuat tangan, kaki dan tanduk, yaitu dengan cara menekan E pada keyboard (extrude). Pilih beberapa titik lalu extrude dan lakukan juga scale
pada bagian sekitar lekukan mata, kami juga menggunakan ctrl+R (Loop Cut and Slide) untuk menambahkan
edge pada objek.
Jika telah selesai membuat lekukan mata dari karakter, hasilnya
akan seperti gambar di bawah.
Jika karakter telah diberi
warna, maka hasilnya akan menjadi seperti gambar di bawah ini.
Jika telah selesai membuat badan dari Mike Wazowski, langkah
selanjutnya adalah membuat matanya. Caranya tidak berbeda jauh dengan beberapa
cara awa, diantaranya:
- Klik Add, lalu pilih Mesh, dan pilih UV Sphere
- Rotasi terhadap sumbu Y (sumbu yang diberi warna hijau)
- Select beberapa titik, misalnya yang seperti terlihat pada gambar (titik tengah). Untuk memberi warna pada daerah-daerah tertentu, kami menambahkan add material, lalu kami pulih warnanya lalu klik Assign
Jika kamera dan cahaya telah diatur, maka pada lembar kerja akan
menjadi seperti yang terlihat pada gambar di bawah.
Untuk memperindah tampilan ketika di render, kami menambahkan alas
untuk karakter Mike Wazowski. Caranya dengan klik Add, lalu pilih Mesh, pilih
Grid.
Alas atau lantainya dapat diberi warna sesuai dengan keinginan.
Berikan juga efek mirror pada materialnya, agar pada saat di render terdapat
pantulan objek pada lantainya. Jika telah ditambahkan lantainya, maka pada
lembar kerja akan menjadi seperti yang terlihat pada gambar di bawah.
Dan seperti yang terlihat pada gambar di bawah hasil akhir
“Membuat Karakter Mike Wazowski dengan Blender 2.60”.
Jika kawan blogger membutuhkan file.blend -nya silahkan download disini [ klik ]
Mungkin hanya ini yang dapat saya share pada kesempatan ini, insyaAllah dilain waktu saya akan berbagi yang lainnya. Semoga postingan ini bermanfaat bagi kawan blogger. Atas segala perhatiannya saya ucapkan Terima Kasih :)
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
waaahh keren tutorialnyaaa
ReplyDeletethanks gan, semoga apa yg ada disini bisa membantu :)
Deleteoia kalo mau versi pdfnya bisa di download
https://www.dropbox.com/s/fnlbfkrtm0voiu0/Tutorial%20Pembuatan%20Karakter%20Monster%20Ijo.pdf
Wah thanx berat mas bro,, kebetulan ane juga ada tugas buat mike wazowski.. :)
ReplyDeletesamasama bro..
Deletetapi maap kalo topologinya berantakan, baru belajar waktu itu..
terimakasih mas, sangat bermanfaat buat saya
ReplyDeleteSama-sama mas.
DeleteTerima kasih udah mampir dan komen :)
Waw Sangat membantu... Perbanyak donk mas tutotialnya
ReplyDeleteudah saya coba bikin tutorialnya, cekcek aja postingan saya yang diberi label blender..
Deleteboleh ko request tutorial, kalo saya mampu nanti insyaAllah saya buatkan..hehe
terimakasih mas tutorialnya, ini bisa membantu saya dalam belajar blender.
ReplyDeletealhamdulillah kalau bermanfaat
Deleteterima kasih mas sudah komen dan main2 ke blog saya :)
bro ada manual book project akhir lab praktikum grafkom 1 tentang blender ga? kalo ada boleh minta ga? buat contoh aja nih, bingung soalnya :D thnxs
ReplyDeletePostingan ini manual booknya bro..
Delete